CARA MEWARNAI OBJEK DI COREL DRAW X7

CARA MEWARNAI OBJEK DI COREL DRAW X7


Hallo selamat berpetualang di dunia internet sobat, kali ini saya akan berbagi tutorial dasar cara mewarnai objek di CorelDraw X7. Pada dasarnya pewarnaan objek setiap generasi CorelDraw itu sama aja akan tetapi masuk ke toolsnya yang berbeda apalagi mulai X7 terlihat sekali perbedaannya, terutama komputer dengan layar kecil atau netbook, tools CorelDraw X7 dibuat sesimpel mungkin.

Oke untuk memberi warna objek di Coreldraw banyak sekali caranya namun disini saya hanya akan melakukan 2 cara pewarnaan saja yang sering saya pakai dan basic banget. yaitu Uniform Fill dan Fountain Fill

1. Uniform Fill
Yaitu jenis pewarnaan objek dengan warna yang tunggal alias satu warna caranya sebagai berikut,
  • Buat Objek yang mau kita warnai lalu sleksi,
  • Pertama bisa kita langsung pilih warna yang berjejer di samping kanan halaman CorelDraw kita pada gambar saya kasih nomor 1 

  • Berikutnya menggunakan menu Edit Fill, pada menu ini banyak jenis fill bisa kita pilih, namun untuk belajar dasar kita praktekan 2 jenis fill aja dulu. Ada dua cara masuk menu ini, yang pertama kita bisa masuk melalui toolsbox dengan memilih icon yang ditunjukan nomor 3, dan bisa melalui fill status saya menyebutnya icon yang ditunjukan nomor 2 
  • Maka akan muncul menu seperti dibawah ini, saya buat dua bagian fokus ke yang saya kasih nama Uniform Fill 

  • Selanjutnya kita pilih dan klik icon Uniform Fill yang saya beri nomor 4. Tinggal kita pilih warna apa yang akan kita pakai untuk mewarnai objek kita. 
2. Fountain Fill
Fountain Fill merupakan jenis pewarnaan objek dengan gradasi lebih dari satu warna kita bisa padukan beberapa warna untuk mewarnai objek kita. Langkah-langkahnya berikut ini.
  • Kembali ke tahapan pada cara sebelumnya yaitu kita harus masuk terlebih dahulu kedalam menu Edit Fill cara masuknya sama percis seperti cara sebelumnya.
  • Selanjutnya kita fokus pad menu yang saya kasih nama Fountain Fill 
  • Selanjutnya kita pilih dan klik icon Fountain Fill yang saya beri nomor 5, maka akan tampil menu seperti diatas tersebut, 
  • Kita lihat gambar yang di tunjukan nomor 6 dan nomor 7, itu merupakan dua warna yang berbeda yang bisa kita padukan, tinggal pilih warna nya. kita juga bisa memilih beberapa pilihan gradasi pada bagian blend transition. 
Kedua lingkaran diatas merupakan sample dari kedua menu pewarnaan tersebut. Oke Sekian Cara memberi warna pada objek di corel draw x7, next time kita kaji lebih dalam lagi mengenai pewarnaan objek karena banyak sekali cara yang bisa kita gunakan, tinggal coba kita praktekan.