MEMBUAT FORMAT POINT DAN PENOMORAN (BULLETS AND NUMBERING) DI MICROSOFT OFFICE WORD 2016

MEMBUAT FORMAT POINT DAN PENOMORAN (BULLETS AND NUMBERING) DI MICROSOFT OFFICE WORD 2016


Selamat Malam... 

Guys kita lanjutkan pembelajaran kita mengenai microsoft office, kali ini kita akan belajar Cara membuat Format point dan penomoran atau istilah office nya Bullet dan Numbering. Ini biasa kita gunakan untuk membuat nomor Sub Bab pada makalah atau yang lainnya, atau untuk membuat point - point.  Berikut contoh kasusnya : 

Untuk membuat penomoran seperti diatas hampir di semua versi office caranya sama, nah kali ini kita praktekan di office 2016. 

Bullet dan Numbering membaca per paragrap, satu paragrap berati itu satu point. Jadi, sekalipun kita menyimpan kursor kita di awal ditengah atau di akhir sebelum menekan enter (garis baru) maka, akan terbentuk point nya di awal paragrap itu. Oke kita mulai saja 

Membuat Numbering

  1. Letakan korsor kita di awal atau ditengah atau diakhir kalimat atau paragrap yang mau kita kasih nomor.
  2. Pastikan kita berada di menu Home, fokus di group menu Paragraph 
  3. Lalu klik segitiga Numbering "disamping icon yang ada tulisan 123", maka akan muncul pilihan jenis penomoran yang bisa kita gunakan. Ada angka, huruf dan angka romawi.
  4. Pilih salah satu yang mau kalian buat, disitu diperlihatkan juga sample jadinya seperti apa. Maka setelah itu diawal kalimat yang dipilih tadi di point tutor 1 akan terbentuk nomor atau huruf yang dipilih. 

Untuk melanjutkan nomor berikutnya tinggal kalian enter di akhir point atau paragraph itu maka, akan terbentuk lanjutan nomornya. Jika point berikutnya sudah jadi kalian simpan kursor di awal poin berikutnya lalu hapus sampai akhir kalimat sebelumnya lalu tekan enter. 

Untuk mematikannya atau tidak mau pakai lagi Numbering nya tekan enter 2x dari akhir kalimat tersebut. Atau setelah satukali enter, dalam kondisi terbentuk Nomor nya kalian masuk lagi ke poin tutor 3 lalu pilih yang None.

Selain itu membuat Bullet dan numbering bisa dilakukan sebelum kita mengetik, jadi pas awal point sebelum kalian mengetik isi poinnya, tinggal kalian lakukan dari poin tutor 2 sampai 4 maka akan terbentuk nomornya. Lalu enter untuk melanjutkan poinnya.


Membuat Bullet dan Numbering bisa dilakukan dengan cara blok beberapa list yang sudah dibuat, lalu lakukan point tuto 2 sampai 4. maka setiap awal kalimat setelah enter atau garis baru akan terbentuk Numbering nya

Membuat Bullet

  1. Letakan korsor kita di awal atau ditengah atau diakhir kalimat atau paragrap yang mau kita kasih nomor.
  2. Pastikan kita berada di menu Home, fokus di group menu Paragraph
  3. Lalu klik segitiga Bullet "disamping icon bulet 3 disampingnya menu Numbering", maka akan muncul pilihan jenis simbol yang bisa kita gunakan.
  4. Pilih salah satu yang mau kalian buat. Maka diawal kalimat yang dipilih tadi di point tutor 1 akan terbentuk simbol icon yang dipilih.