KOMPONEN - KOMPONEN KOMPUTER

KOMPONEN - KOMPONEN KOMPUTER

Halo semuanya kali ini kita akan membahas mengenai perangkat atau komponen-komponen Komputer. Komputer dapat berjalan jika semua komponennya tersusun dan terpasang dengan baik. ada banyak sekali komponen komputer yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah komputer. Pada dasarnya ada dua bagian dari Komputer yaitu HARDWARE (perangkat keras) dan SOFTWARE (perangkat lunak), kali ini kita akan pelajari perangkat-perangkat nya satu per satu.


Perangkat komputer di kelompokan menjadi tiga bagian yaitu Input, Process dan Output. Perangkat tersebut merupakan salah satu perangkat-perangkat keras pada komputer dan untuk menyempurnakan fungsi perangkat tersebut kita perlu dan wajib menggunakan Perangkat lunak yang juga  paling utama yaitu sistem operasi, dimana sistem operasi tersebut merupakan tenpat untuk berjalannya aplikasi-aplikasi lain.


PERANGKAT INPUT

Perangkat -perangkat input merupakan perangkat yang kita gunakan untuk melakukan atau mengintruksikan perintah, perangkat ini pada dasarnya merupakan perangkat yang kita pegang dan kendalikan langsung.


1. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat input komputer untuk melakukan perintah pengetikan, shortcut dan yang lainnya. Selain mengetik, dengan keyboard kita bisa melakukan macam-macam kombinasi perintah yang telah disesuaikan dengan Sistem operasi dan Software pengdukung lainnya. Banyak sekali model dan type keyboard dari banyak merek yang beredar di pasaran. 

Baca juga : mengenal keyboard komputer, jenis dan model nya


2. Mouse 

Mouse merupakan alat input komputer yang digunakan untuk mengarahkan perintah dan mengeksekusi perintah itu sendiri. pada dasarnya mouse terdiri dari 3 tombol yaitu klik kanan, klik kiri dan scroll. dan ada sensor penggerak dibawahnya untuk mengarahkan pointer atau kursor kita. Khusus mouse gaming biasanya ada tombol tambahan yang digunakan untuk shortcut perintah gameplay. 

Baca juga : istilah penggunaan mouse


3. Microfhone /mic

Microfhone atau sering kita sebut Mic, merupakan salah satu perangkat input pada komputer kita. Yang fungsinya untuk menerima dan merekam suara kita atau kita srebut saja alat untuk membuat suara di komputer kita.


4. Kamera / Webcam

Kamera atau Webcam adalah perangkat input video yang digunakan untuk merekam video atau mengirimkan video melalui internet atau jaringan komputer. Webcam biasanya terhubung ke komputer melalui USB atau koneksi nirkabel, dan dapat digunakan untuk video konferensi, streaming langsung, merekam video, video call, atau memotret foto. 


PERANGKAT PROSES 

Perangkat proses pada komputer merupakan perangkat yang tersusun dari banyak macam komponen kita sering menyebut nya CPU Central Processing Unit. Yang kita tau CPU itu bentuknya besar  dan berikut ini merupakan komponen yang tersusun pada CPU.


1. Motherboard/Mainboard

Motherboard merupakan salah satu komponen proses pada komputer dimana semua komponen - komponen komputer  menempel pada motherboard termasuk Processor. Motherboard berupa papan inti yang memuat macam-macam soket komponen komputer dan perangkat pendukung lainnya yang sudah nempel secara permanen didalamnya. 

Baca Juga : Mengenal motherboard type dan brand


2. Processor

Processor merupakan salah satu perangkat utama prosess komputer yang mana fungsinya sebagai otak pada komputer itu sendiri. Processor memproses semua intruksi yang kita perintahkan, lebih jelasnya bisa kalian kunjungi postingan saya mengenai  Processor

Processor PC yang banyak beredar saat ini dipasaran khususnya untuk Personal Komputer ada INTEL dan AMD, ada juga untuk produk Apple sekarang mereka punya Processor Sendiri yaitu Apple M.

Baca juga : Processor komputer


3. RAM (Random Acces Memory)

RAM adalah salah satu perangkat utama komputer yang berfungsi untuk menampung perintah yang kita intruksikan, diaman semakin besar Memori RAM semakin banyak juga perintah yang bisa kita lakukan. tanpa Ram komputer kita juga tidak bisa berjalan.  Akses pada ram sifatnya sementara jadi memori RAM tidak akan penuh karena ketika aplikasi ditutup Ram tidak terpakai.


4. Hardisk HDD/SSD

Hardisk merupakan perangkat utama komputer untuk menyimpan Sistem Operasi dan aplikasi pada komputer kita, karena tanpa sistem operasi kita juga tidak bisa menggunakan komputer kita, selain itu hardsik juga digunakan untuk menyimpan aplikasi dan data, semakin besar memory hardisk semakin banyak juga aplikasi bisa kita pasang, dan makin banyak pula data bisa kita tampung. Saat ini ada dua macam penyimpanan yang umum yitu HDD dan SSD


5. PSU ( Power Suply Unit)

PSU merupakan salah satu komponen utama komputer untuk menyuplai pasokan listrik komputer kita, PSU mengubah Aliran Listrik AC menjadi DC dan menyambungkannya ke dalam motherboard untuk di bagi-bagi ke semua perangkat dan semua proses. 


6. VGA/GPU Card (Grafhic Processing Unit) 

VGA merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar ke layar komputer kita.VGA biasa nya sudah ada onboard menyatu dengan processor, tapi untuk pekerjaan lebih berat  seperti gamer, desain grafis dan conten creator kita perlu VGA Card tambahan yang lebih bagus dari VGA bawaan. Oh iya ada juga processor yang tidak sama sekali memakai VGA jadi kita wajib menambahkan VGA card.


7. CD ROOM

CD-ROM (Compact Disc Read-Only Memory) adalah perangkat keras yang digunakan untuk membaca data dari cakram optik CD-ROM. CD-ROM berisi data digital, seperti program perangkat lunak, musik, atau video, dan dapat dibaca oleh komputer menggunakan laser optik yang membaca informasi pada permukaan CD.


8. CPU Cooler 

CPU Cooler merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mendinginkan Processor dan VGA. CPU Cooler wajib ada pada komputer karena Processor tidak akan berfungsi dengan baik tanpa adanya pendingin. 


9. Fan Cooler

Fan cooler adalah perangkat pendingin yang dirancang khusus untuk menjaga suhu CPU agar tetap stabil dan tidak terlalu panas saat digunakan. Fan cooler terdiri dari kipas pendingin yang ditempelkan pada bagian-bagian casing, bisanya fan cooler di konfigurasi in dan out nya supaya arah angin dan suhu didalam CPU stabil


10. CPU Casing 

CPU Casing merupakan komponen pembungkus dan penata lokasi semua komponen CPU, Casing ini sebagai tempat diam dan menempel soket-soket dan yang membuat CPU lebih enak dilihat. 


PERANGKAT OUTPUT

1. Monitor

Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai antarmuka visual antara pengguna dan komputer. Monitor menampilkan gambar atau teks yang dihasilkan oleh komputer dan memungkinkan pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan oleh sistem komputer.


2. Printer

Printer adalah perangkat keras (peripheral device) yang digunakan untuk mencetak atau mencetak ulang dokumen digital atau gambar dari komputer. Printer mengambil data dari komputer dan mencetaknya ke kertas atau media lainnya. Ada beberapa jenis printer yang tersedia, termasuk printer inkjet, printer laser, dan printer dot matrix.


4. Speaker

Speaker pada komputer adalah perangkat output audio yang digunakan untuk memainkan suara dari komputer. Speaker ini terhubung ke komputer melalui kabel audio atau nirkabel, dan menerima sinyal audio yang dikirimkan dari kartu suara di dalam komputer. Speaker komputer biasanya terdiri dari satu atau beberapa unit yang dapat dipasang di atas meja atau meja kerja, dan dapat diputar dengan menggunakan tombol atau kontrol pada speaker atau melalui pengaturan audio pada komputer. 


Demikian pembahasan mengenai perangkat komputer, mohon maaf untuk rangkaian kata yang mungkin susah di pahami. semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasannya. Terimakasih

Baca Juga : Sistem Operasi komputer