MENGENAL BEBERAPA PERINTAH GOOGLE TRANSLATE DAN CARA MENGGUNAKANNYA

MENGENAL BEBERAPA PERINTAH GOOGLE TRANSLATE DAN CARA MENGGUNAKANNYA

Buat kalian yang sedang belajar bahasa asing, atau sedang mengerjakan tugas bahasa inggris atau bahasa lainnya, pastinya kalian ada kalanya menggunakan aplikasi atau media yang namanya translator dan pastinya sudah tau salah satu media translatorr online yang satu ini, ya Google translate. Kali ini kita akan mengenal perintah-perintah yang bisa kita gunakan pada saat menggunakan Google Translate ini. Tidak sedikit diantara kita hanya menggunakan sebatas untuk menerjemahkan bahasa tanpa tau fungsi-fungsi lainnya yang bisa kita gunakan untuk memudahkan penerjemahan.
Oke langsung saja kita kita bahas dan kita praktekan. akan sedikit lebih panjang pembahasannya karena banyak sekali perintah yang bisa kita gunakan. Seperti biasa sudah tersedia gambar dengan nomor-nomor penunjuk icon perintah yang bisa kita gunakan.
  1. Adressbar, seperti pada umumnya semua media yang kita buka menggunakan Web browser pasti harus memasukan url nah untuk membuka Google translate kita kunjungi url "https://translate.google.com"
  2. Nomor 2 Tombol  ini yang merupakan judul situs atau website nya, dengan beberapa menu yang muncul kalau kita klik icon garis 3 disampingnya.
  3. Nomor 3 Icon dan perintah yang ini sudah pasti ada pada hampir setiap layanan google dengan fungsi yang sama yaitu manajment akun google kita dan beberapa akses layanan lainnya.
  4. Nomor 4, Tombol ini merupakan salah satu pilihan atau metode translate yaitu untuk menejemahkan teks yang bisa kita tulis atau copy paste. 
  5. Nomor 5 merupakan pilihan kedua dari poin sebelumnya, dimana kita bisa menerjemahkan dokumen yang sudah jadi misalkan kita punya dokumen word, atau pdf bisa kita upload untuk di terjemahkan.
  6. Nomor 6 merupakan indikator yang menunjukan bahasa yang terdeteksi atau diketahui google, jadi kalau kita ketikan tulisan pada kolom no 9 maka akan terdeteksi bahasa apa yang kita tulis itu, Bahas terpilih atau terdeteksi ditandai dengan tulisan warna biru
  7. Nomor 7 pada bagian ini merupakan bagian daftar pilihan bahasa yang akan kita terjemahkan  yang bisa kita pilih salah satu dari bahasa yang tampil, atau kalian bisa menampilkan banyak pilihan bahasa dari seluruh dunia dengan menekan tombol nomor 8, memilih bahasa ini bisa kita lakukan setelah atau sebelum kita ngetik.
  8. Nomor 8 Seperti disebutkan sebelumnya tombol atau perintah ini merupakan perintah untuk menampilkan keseluruhan pilihan basaa yang bisa diterjemahkan dari seluruh bahasa yang ada di dunia.
  9. Nomor 9 Pada bagian ini merupakan form isian untuk kita isi dengan teks yang akan kita terjemahkan.
  10. Nomor 10 Tombol ini merupakan tombol perintah untuk menghapus atau membatalkan penerjemahan kita, dengan menekan perintah ini maka semua kolom yang isinya teks yang mau kita terjemahkan dan hasil terjemah nya akan hilang. 
  11. Nomor 11 Nah pada bagian ini yang mungkin kita pemalas ngetik dan mau menerjemahkan bahasa tanpa mengetik tapi kita bisa mengucapkannya. Tombol perintah ini digunakan untuk merekam suara ucapan kita yang mau kita translate kedalam bahasa tujuan kita.
  12. Nomor 12 Pada bagian ini digunaka untuk mendengarkan google membacakan teks yang kita ketik pada kolom nomor 9 atau nomor 20 diatas, suara dan cara pembacaan juga menyesuaikan bahasa terpilih yang pastinya berbeda-beda. 
  13. Nomor 13 Pada bagian ini merupakan indikator jumlah huruf yang kita tulis, disini akan di tunjukan  angka dari jumlah huruf termasuk spasi maksimal 5000 hurup bisa di tampung untuk diterjemahkan.
  14. Nomor 14 Tombol perintah ini digunakan untuk menulis dengan gestur tangan tanpa menekan tombol keyboard, ini digunakan untuk kondisi tertentu seperti jika perangkat kita ada tombol tidak berfungsi ini bisa dijadikan solusi.
  15. Nomor 15 Tombol perintah ini digunakan untuk switch atau menukar basaa terpilih, misalkan asalnya Inggris ke Indonesia menjadi Indonesia ke Inggris.
  16. Nomor 16 Bagian ini merupakan bahasa yang dipilih untuk bahasa hasil terjemahan yang mau kita tampilkan pada kolom nomor 20, bahasa terpilih ditandai tulisan bahasa warna biru.
  17. Nomor 17Seperti sebelumnya bagian ini juga merupakan plihan bahasa terjemahan yang tampil.
  18. Nomor 18 Tombol perintah ini merupakan tombol untuk menampilkan keseluruhan bahas pada bagian hasil terjemahan.
  19. Nomor 19 Tombol bintang ini digunakan untuk membuat terjemahan kita saat kita menekan tombol itu  tersimpan sebagai pavorit pada akun google kita yang bisa kita tampilkan atau ambil kembali di kemudian hari
  20. Nomor 20 Bagian ini merupakan kolom teks terjemahan dari teks yang kita ketik pada kolom nomor 9, ini merupakan hasil yang akan kita gunakan dari tujuan kita menerjemahkan bahasa yang sebelumnya tidak kita ketahui.
  21. Nomor 21 Tombol perintah ini digunakan untuk menyalin atau copy seluruh teks terjemahan yang ada pada kolom nomor 20 yang bisa kita tempel atau paste di media pengetikan lain seperti dokumen atau form chat. selain itu kita bisa sleksi/blok per kalimat atau paragraf lalu tekan CTRL+C untuk menyalin teks yang terpilih.
  22. Nomor 22 Tombol perintah ini digunakan untuk kita berkontribusi pada google translate, apabila kita tau ada terjemahan yang salah atau perlu ditambahkan selanjutnya bisa kita submit untuk di analisa oleh google.
  23. Nomor 23 Terakhir tombol share yang bisa kita gunakan untuk membagikan hasil terjemahan kita melalui beberapa jejaring sosial.

Kurang lebih seperti itu pembahasan mengenai Beberapa perintah yang bisa kita gunakan dalam Google Translate, semoga bermanfaat dan bisa kalian praktekan semoga bisa memudahkan penggunaannya.