MENGENAL LEMBAR KERJA DAN BEBERAPA PERINTAH EMAIL GOOGLE (GMAIL)

MENGENAL LEMBAR KERJA DAN BEBERAPA PERINTAH EMAIL GOOGLE (GMAIL)


Hallo Semuanya... kali ini saya akan sharing mengenai lembar kerja gmail, yang mana buat user baru jarang sekali digunakan apalagi yang membuat email hanya sebatas mengaktifkan smartphone dan sosial media, fitur-fitur ini tidak sama sekali digunakan. dengan alasan tidak tau buat apa email hanya sebatas dibuat untuk keperluan pengaktifan akun saja. 

Perlu kita ketahui bahwa email sangat berguna sekali buat para kaum milenial di jaman sekarang ini, selain untuk membuat akun sosial media email juga banyak digunakan perusahaan-perusahaan untuk mengelola bisnisnya. tidak sedikit pula perusahaan membuka lowongan pekerjaan dengan hanya membuka lewat pengiriman email.

Supaya kita paham penggunaan email mari kita kenali dulu beberapa perintah atau menu yang bisa kita gunakan dalam mengelola email. Kali ini saya menggunakan gmail, seperti biasa saya lampirkan gambar dengan nomor mengarah kepada menu-menu yang ada di dalamnya.

1. Configurasi Menu 
Tombol ini digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan menu atau polder yang ada di kotak nomor 3, ketika disembunyikan yang tampil hanya icon-icon menu tersebut dan ketika di tampilkan icon dan tulisan akan tampil semuanya.

2. Tombol Tulis
Tombol tulis ini digunakan untuk membuat dan mengirim email kepada alamat email tertentu, yang merupakan salah satu fungsi utamanya email. Untuk cara melakukannya akan saya buat tutorial terpisah dipostingan berikutnya.

3.Menu /Polder
Pada bagian yang saya kotaki dengan nomor 3 ini merupakan polder manajment email yang masuk dan keluar, saya lebih suka menyebutnya polder jadi disini saya sebut saja itu polder karena didalmnya berisi email-email dengan rincian dan lampirannya.

Ada banyak sekali polder disitu dimana semuanya akan menampung email berdasarkan kategorinya.
  • Kotak Masuk = Merupakan polder yang menampung email masuk dari luar atau orang lain, walaupun masih ada group atau label lainnya tapi Kotak Masuk ini menampung semua email masuk, seperti terlihat pada gambar, ada tiga group yang tampil yaitu Utama, Sosial dan Promosi. Secara default ketika kita membuka halaman email Kotak masuk yang akan langsung terbuka.
  •  Berbintang = Merupakan polder email yang kita kasih bintang atau mungkin bisa kita katakan prioritas. Untuk memberi bintangnya cukup menekan icon bintang pada deretan masing-masing email.
  • Ditunda = Polder ini merupakan polder untuk menampung email yang kita tunda misalkan kita sedang sibuk dan belum sempat kita baca tapi email tersebut harus kita buka, disamping itu bisa kita kasih waktu sampai berapa lama kita menundanya. Cara melakukannya cukup arahkan pada email yang mau kita tunda kita klik icon jam dinding di sebelah kanan bagian email tersebut lalu kita kasih waktu penundaan.
  • Penting = Polder ini merupakan polder penampung email-email yang ditandai penting, yang menandai penting bisa kita penerima ataupun pengirim email itu sendiri. Untuk menandai penting cukup klik icon sebelah tanda bintang yang merupakan icon menu penting itu sendiri.
  • Terkirim = Polder ini merupakan polder penampung semua email yang kita kirimkan.
  • Draft = Draf merupakan polder yang menampung email-email yang kita buat tapi belum sempat kita kirim
  • Kategori = Polder ini merupakan polder kategori, disini kita juga bisa membuat kategori sendiri untuk memisahkannya. dibawahnya ada beberapa kategori yang sudah otomatis dibuat .
  • Chat = Polder ini menampung history chat yang kita lakukan dengan orang lain melalui Google hangout. Gmail sudah terintegrasi dengan aplikasi google Hangout yang bisa kita gunakan untuk chatting dan nelpon.
  • Terjadwal = Polder ini merupakan penampung email yang terjadwal misalkan kita buat email tapi untuk dikirimkan besok atau lusa, maka email-email sebelum terkirim akan terkumpul dalam polder ini.
  • Semua Email = Polder ini merupakan penampung keseluruhan email mulai dari kotak masuk terkirim dan yang lainnya, biasanya digunakan untuk mencari email yang kita lupa masuk ke polder mana.
  • Spam = Polder ini akan diisi email-email yang dianggap kurang penting dan mungkin membahayakan, email spam biasanya berupa promosi dan yang lainnya. Email spam tidak semua dikatakan tidak penting, tidak sedikit email panggilan pekerjaan, email konfirmasi akun  juga dianggap spam.
  • Sampah = Merupakan polder penampung email yang kita hapus, buat kalian yang sudah lama menggunakan email pastinya sudah banyak sekali email masuk atau terkirim dan akan memenuhi kapasitas memory email kita. Untuk mengantisipasinya yaitu menghapus email yang tidak penting atau sudah tidak kita perlukan lagi, cara menghapusnya  cukup arahkan pointer pada email yang mau kita hapus lalu akan muncul icon tong sampah tinggal kita klik icon tersebut. Nah selanjutnya untuk menghapus permanen kita harus menghapusnya dari polder Sampah ini.
  • Kelola Label = Menu ini digunakan untung setting polder-polder tadi diatas, banyak pengaturan yang bisa kita terapkan pada polder-polder itu, bisa kalian praktekann sendiri.
4. Search Box
Seperti biasa google hampir pada setiap aplikasinya membuat form pencarian untuk menemukan konten-konten didalamnya. Salah satunya pada Gmail ini kolom pencarian ini digunakan untuk mencari email berdasarkan polder yang terpilih, atau jika ingin mencari email yang lupa terletak di polder apa maka kita lakukan pencarian pada posisi polder Semua Email

5. Pada bagian ini ada ada tiga tombol yang bisa kita klik
  • Checkbox sleksi = Tombol ini digunakan untuk myeleksi email defaultnya menyeleksi semua email. namun ada pilihan dengan menekan segitiga disampingnya dimana akan muncul pilihan untuk menyeleksi beberapa seperti kita akan sleksi email yang sudah kita baca, dan yang lainnya. Untuk menyeleksi atau memilih email satu per satu kita bisa gunakan checkbox pada email masing-masing yang ada disebelah icon bintang.
  • Reload = Tombol ini digunakan untuk menyegarkan halaman polder yang sedang kita buka
  • Menu lainnya = Pada menu ini merupakan menu pilihan yang tidak ditampilkan, biasanay setiap polder beda tampilannya dan akan berubah jika kita sleksi email.
6. Navigasi & Setting
Pada bagian ini merupakan navigasi dan settingan halaman, bila email kita melebihi satu layar maka kita bisa perintahan masuk ke layar berikutnya. Dan juga untuk setting halaman mulai input tema dan bahasa input.

7. Kategori email 
Pada bagian ini hanya akan muncul ketika kita sedang membuka Kotak Masuk ada tiga group diantaranya
  • Utama = Merupakan group email utama yang masuk yang tidak ditandai sosial dan promosi oleh pengirim
  • Sosial = Merupakan group email masuk yang ditandai sosial oleh pengirim, biasanya juga jika kita menggunakan email kita sebagai akun sosial media maka isinya akan banyak notifikasi dari sosial media tersebut.
  • Promosi = Merupakan group email yang masuk dengan ditandai promosi dan biasanya kebanyakan masuk dari Onlineshop dan beberapa jasa penjualan.
8. Mail List
Pada bagian ini merupakan deretan email pada polder tertentu dimana setiap satu layarnya menampung 50 list email. Disini tampil deretan emai-email yang akan kita kelola mulai dari baca, kasih tanda atau mungkin kita hapus.

9. Pada bagian ini merupakan panel samping dimana isinya merupakan add-on yang bisa kita gunakan seperti , kalender, task dan kita juga bisa menambahkan add-on lainnya. Panel samping ini bisa kita sembunyikan dan tampilkan dengan menekan tombol panah dibawahnya.

10. Pada bagian ini merupakan list kontak hangout kita dimana kita bisa langsung  chat atau bisa kita telpon juga menggunakan kontak email. teman yang online akan terlihat hijau.

Oke demikian pembahasan mengenai Lembar Berja dan Beberapa Perintah pada Email Gmail semoga dengan kita tau ini kita bisa memanfaatkan email sebaik mungkin. Pada dasarnya email sama seperti kita menggunakan SMS pada handphone kita mengirim dan menerima pesan beserta lampirannya yang akan masuk pada polder masing-masing kategori. 

Thank You