POWER SUPPLY KOMPUTER

POWER SUPPLY KOMPUTER

Hallo semuanya kali ini kita akan membahas Power Supply pada komputer atau yang sering dipanggil PSU (Power Supply Unit) yang mana merupakan salah satu perangkat utama menyala nya sebuah komputer.


Power Supply pada komputer adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyediakan dan mengatur pasokan daya listrik ke seluruh komponen dalam sistem komputer, seperti motherboard, hard drive, kartu grafis, dan perangkat-perangkat lainnya.


Power Supply pada komputer biasanya terdiri dari beberapa kabel dengan berbagai konektor yang terhubung ke berbagai komponen dalam sistem. Power Supply pada komputer juga memiliki rating daya (wattage) yang menunjukkan kapasitas daya maksimum yang dapat disediakan. Rating daya yang lebih tinggi akan lebih baik untuk sistem yang memiliki komponen yang lebih kuat dan lebih banyak.


Saat ini Power supply sudah banyak sekali jenis dan brand nya, biasanya untuk rangkaian komputer tertentu sudah tersedia spesifikasi yang kuat untuk menjalankan komputer dengan baik. Ada Beberapa klasifikasi PSU saat ini yang bisa kita jadikan acuan untuk membangun sebuah komputer berikut beberapa klasifikasi sebuah PSU.


Bronze adalah standar kualitas rendah yang biasa digunakan pada power supply. Power supply jenis ini memiliki efisiensi sekitar 80%, yang berarti 20% dari energi yang dikonsumsi akan hilang dalam bentuk panas. Hal ini menyebabkan penggunaan listrik yang tidak efisien dan dapat menyebabkan kenaikan tagihan listrik. Oleh karena itu, power supply jenis ini biasanya tidak disarankan untuk digunakan dalam sistem yang memiliki kebutuhan daya yang besar atau kompleks.


Silver adalah standar kualitas sedang yang menawarkan efisiensi sekitar 85%. Power supply jenis ini lebih efisien daripada bronze, dan dapat digunakan pada sistem yang lebih kompleks dan membutuhkan daya yang lebih besar. Namun, efisiensi yang masih kurang optimal membuat penggunaan listrik pada power supply jenis ini masih terbilang boros.


Gold adalah standar kualitas tinggi yang menawarkan efisiensi sekitar 90%. Power supply jenis ini memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis bronze atau silver, sehingga lebih efisien dalam penggunaan daya listrik. Dengan efisiensi yang lebih tinggi, power supply jenis ini tidak hanya dapat menghemat energi dan biaya listrik, namun juga dapat meningkatkan kinerja sistem.


80 Plus adalah sebuah sertifikat kualitas yang diberikan pada power supply dengan efisiensi minimal 80%. Sertifikat ini dikeluarkan oleh Organisasi Pengembangan Daya Listrik Efisien (Electric Power Research Institute) untuk memastikan kualitas dan efisiensi power supply. Beberapa jenis power supply yang memenuhi standar 80 Plus adalah Bronze, Silver, dan Gold.


Perkembangan power supply dalam beberapa tahun terakhir juga semakin pesat. Power supply dengan efisiensi lebih tinggi dan fitur-fitur yang lebih canggih menjadi hal yang utama bagi para produsen power supply. Beberapa produsen bahkan mulai menghadirkan power supply dengan desain yang lebih kecil dan ringan, serta fitur modular yang memungkinkan pengguna untuk memilih kabel yang diperlukan.


Selain itu, beberapa produsen juga mulai menghadirkan power supply yang dapat diatur secara digital, sehingga pengguna dapat mengontrol daya listrik yang dibutuhkan oleh komponen-komponen dalam sistem. Dengan demikian, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan daya listrik dan meningkatkan efisiensi penggunaan energi.


Kemudian, muncul juga teknologi power supply berbasis DC-DC converter, yang memungkinkan penggunaan daya listrik yang lebih efisien dan meningkatkan keandalan power supply. Teknologi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengganti jenis power supply dengan mudah, karena tidak perlu mengganti kabel-kabel yang terlalu banyak.