Mengenal Adobe Photoshop

Mengenal Adobe Photoshop



Di era yang serba digital ini, kegiatan mengolah atau edit gambar menjadi lebih mudah dengan adanya software bernama Adobe Photoshop. Banyak hal yang berkaitan dengan grafis bisa dilakukan dengan software ini. Seperti mengganti background, memotong, menggabungkan atau membuat sebuah desain. 

Banyak sekali para designer desain grafis yang menggunakan Adobe Photoshop untuk membuat berbagai mancam desainnya. Meski sudah sangat terkenal, namun masih banyak yang mengetahui apa itu Adobe Photoshop. Nah untuk menambah wawasan, mari kita simak sedikit uraian mengenai  Adobe Photoshop di bawah ini.

Pengertian Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah sebuah perangkat lunak atau software untuk mengolah desain atau gambar. Banyak orang menggunakan software ini untuk mengedit foto atau membuat sebuah desain. Fitur dan efek yang disediakan juga sangat banyak sehingga pengguna sangat mudah untuk menggunakan software ini. Adobe Photoshop dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat bernama Adobe Systems.

Fitur yang disediakan oleh Adobe Photoshop sangat lengkap dan user friendly sehingga memudahkan dalam penggunaannya. Selain itu, software ini juga mendukung berbagai jenis file image seperti jpg, png, dan sebagainya. 

Software ini juga menjadi software yang wajib dikuasai oleh seorang designer. Banyak desain grafis profesional yang memulai karirnya menggunakan Adobe Photoshop. Sampai saat ini Adobe Photoshop masih menjadi software editor terfavorit. Keunggulan dan kelebihannya bisa dibilang hampir belum ada yang bisa menyamainya.

Perkembangan Adobe Photoshop dari versi ke versi lainnya bersamaan dengan berkembangnya Software Adobe yang lainnya. Ada berbagai versi yang dimiliki oleh Adobe Photoshop seperti, Adobe Photoshop CS (Creative Suite), Adobe Photoshop CS2, Adobe Photoshop CS3, Adobe Photoshop CS4, Adobe Photoshop CS4, Adobe Photoshop CS6 hingga Adobe Photoshop CC(Creative Cloud) yang sudah mencapai CC2019.

Masing-masing versi memiliki kelebihannya masing-masing, semakin tinggi versinya, semakin lengkap pula fitur yang tersedia, seimbang dengan perkembangan jaman ini. Namun semakin baru versinya kita perlu upgrade spek komputer kita karena versi baru memerlukan spek lebih dari komputer kita untuk memaksimalkan fungsinya.



Fungsi Adobe Photoshop
Memiliki banyak fitur membuat fungsi dari Adobe Photoshop sangat banyak seperti mengedit foto, membuat banner dan sebagainya. Dengan fitur yang disediakan, kegunaan Photoshop juga bergantung pada siapa yang menggunakannya. Namun pada dasarnya Adobe Photoshop memiliki fungsi utama untuk mengedit foto dengan tipe bitmap atau raster.

Keunggulan yang dimiliki oleh Adobe Photoshop harus diimbangi oleh kemampuan dari penggunanya. Dengan Photoshop, bisa membuat sebuah banner, logo, brosur, poster, spanduk dan lain sebagainya. Berbagai karya seni bisa dihasilkan dengan software yang satu ini. Untuk fungsi utamanya diantaranya sebagai berikut.
  • Menggabungkan 2 atau lebih gambar menjadi satu
  • Menghilangkan suatu objek yang tidak diperlukan pada gambar
  • Mengubah ukuran gambar
  • Mempercantik gambar agar terlihat lebih menarik
  • Memperjelas gambar
  • Menambah atau mengganti warna
  • Blur gambar
  • Memotong Gambar dan lain sebagainya.
Sejarah Adobe Photoshop
Adanya Adobe Photoshop sangat dibutuhkan untuk mengolah gambar. Bermula ketika profesor bernama Glen Knol yang berasal dari Michigan, Amerika Serikat melakukan percobaan dengan mengolah sebuah foto secara digital. Ia memiliki tujuan untuk membuat sebuah aplikasi pengolah gambar.

Percobaannya kemudian dilanjutkan oleh kedua anaknya yang bernama John Knoll dan Homas Knoll. Sampai akhirnya aplikasinya pun berhasil diciptakan oleh kedua anak tersebut. Perusahaan Image Scan memutuskan untuk memberi lisensi kepada aplikasi tersebut.

Setelah beberap waktu kemudian, perusahaan Adobe Corporation akhirnya mengambil alih penemuan ini. Aplikasi itupun diberi nama Adobe Photoshop yang dikenal hingga saat ini. Awalnya aplikasi ini hanya mampu mengedit foto saja, namun setelah dikembangkan, ada banyak fitur yang disediakan. Kegunaan dari Adobe Photoshop pun semakin banyak dan lebih mudah untuk digunakan.

Sekian uraian mengenai Adobe Photoshop.