MENGENAL EMAIL

MENGENAL EMAIL



Email, pernah mendengar kata email atau menggunakannya ?. Ya saat ini email  sudah jadi hal yang mungkin wajib kita miliki buat kita para kaum milenial, hampir semua hal yang berbau online kita perlu yang namanya email. Kemudahan dalam penggunaannya menjadi alasan mengapa email banyak digunakan.

Untuk mengirim email, yang pasti pengguna juga harus punya email itu sendiri, pengguna hanya perlu mencantumkan alamat email tujuan, dan tak sampai satu menit, email berhasil terkirim dan sampai ke tujuan. Kecepatan kirim dan terima tergantung kecepatan internet kita dan seberapa besar ukuran email yang dikirim.

Hal ini berbanding terbalik dengan surat menyurat pada jaman dulu yang memakan banyak waktu untuk mengirim surat. Selain itu email juga bisa di jadikan sarana surat menyurat yang resmi sehingga banyak instansi atau perusahaan yang menggunakannya.

Pengertian Email
Email sama halnya dengan surat elektronik. Secara istilah, email merupakan suatu alat elektronik yang digunakan untuk menerima dan mengirim pesan antara pengguna satu dengan pengguna lainnya melalui media internet. Dengan email ini, sarana komunikasi jauh lebih mudah.

Pada awal perkembangannya, email digunakan hanay sebagai sarana komunikasi antar developer internet, namun kini seiring dengan perkembangan teknologi, email digunakan untuk berbagai macam tujuan dan dapat diakses oleh siapa saja dan yang pastinya gratis.

Sebelum ada email, orang-orang masih menggunakan surat yang ditulis tangan untuk menyampaikan sesuatu kepada yang dituju. Sekarang sudah berubah, email telah mempermudah manusia untuk saling berkomunikasi. Sehingga cara ini bisa dibilang sangat efektif untuk menyampaikan informasi kepada rekan kita sendiri.

Email juga memiliki cara kerja yang sederhana dalam mengirim sebuah surat. Bedanya hanya terletak kepada kecepatan saja. Pengguna akan menulis surat melalui akun email dengan memasukan nama email pengguna yang akan dituju. Setelah itu, data yang dikirimkan akan diproses oleh server untuk disampaikan kepada si penerima.


Fungsi Email
Bila kalian sudah mengetahui apa itu email, kita akan lanjut belajar mengenai fungsi dari sebuah email ini. Apa sajakah itu? Yuk simak fungsinya sebagai berikut.

1. Untuk Mengirim dan Menerima Pesan
Fungsi email yang paling utama adalah untuk mengirim dan menerima pesan. Dengan email, surat yang kita buat mampu dikirimkan secara cepat dan tepat kepada pengguna yang dituju. Waktu yang dibutuhkan pun tidak berjam jam atau mingguan, melainkan dalam beberapa hitungan detik pesan yang kita sampaikan dapat diterima secara cepat oleh penerima.

2. Untuk Mengirim dan Menerima File
Selain pesan yang dapat dikirim, sebuah file juga bisa dikirim melalui email. Beragam jenis file yang bisa dikirimkan seperti pdf, video, gambar dan masih banyak lainnya. Penerima pun akan mendapatkan fdile tersebut dengan cepat setelah mengunduhnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot pergi mencari tukang pos untuk mengirimkan sebuah file.

3. Sebagai Identitas
Fungsi email yang selanjutnya yaitu sebagai identitas diri, dimana orang yang ingin menghubungi Anda harus memiliki akun email milik Anda terlebih dahulu. Bagi pengguna email, sudah menjadi kewajiban untuk mengisi identitas diri secara mutlak untuk melakukan berbagai proses aktivasi layanan yang ada di dalamnya.

4. Untuk Mendaftar Beragam Jenis Situs
Email menjadi suatu akun yang sangat penting untuk mendaftar beragam jenis situs yang ada. Seperti halnya ketika Anda ingin menjadi seorang blogger, tentu email menjadikan syarat utama sebagai identitas dari diri Anda. Tanpa adanya email, Anda tidak bisa login ke situs blogger yang akan Anda buat.

Beragam jenis situs yang membutuhkan email diantaranya seperti media sosial, game online, dan berbagai layanan lainnya, bahkan untuk melamar pekerjaan secara online kita perlu email, daftar kuliah dan sebagainya.

6. Untuk Mengaktifkan Smartphone
Buat para pengguna smartphone tentunya sudah tidak asing lagi, sebab email menjadi salah satu syarat untuk mengaktifkan smartphone itu sendiri untuk memaksimalkan fungsi smartphone tersebut. Buat pengguna iphone memerlukan email buat membuat akun Apple id, tentu juga buat ppengguna android yang wajib banget menggunakan email pendor Google untuk mengaktifkannya secara sempurna yaitu Gmail.

5. Untuk Sarana Pemasaran
Terakhir fungsi dari sebuah email yaitu sebagai media pemasaran. Sekarang sudah banyak yang memanfaatkan email sebagai pemasaran produk yang akan kita jual. Meski pemasaran melalui email bisa dibilang paling kuno, jenis pemasaran ini masih sangat efektif untuk dilakukan lho guys!


Jenis-jenis Email
>POP Mail
POP mail (Post Office Protocol) merupakan jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.  Email jenis ini dapat dibaca secara offline namun tidak bisa diakses disembarang tempat dan hanya bisa diakses dari rumah atau kantor dengan koneksi internet tersebut.

>Webmail
Webmail merupakan email yang berbasis website. Dengan kata lain, pengguna email hanya bisa membuka email miliknya maka ia harus membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.

>Forward Mail
Forward Mail merupakanjenis layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email yang lain, biasanya forward mail hanya digunakan oleh mereka yang sering gonta-ganti alamat email.

Sejarah Email

Email sudah ada semenjak tahun 1971 yang berawal dari sebuah proyek bernama SNDMSG yang dilakukan oleh Ray Tomlinson. Sebenarnya proyek tersebut sudah ada sejak lama, namun Ray Tomlinson kembali merilis untuk melakukan eksperimen agar pengguna mesin antara satu sama lain dapat saling mengirim sebuah pesan.

Ekperimen yang dilakukan masih belum menghasilkan apa yang diinginkannya. Proyek SNDMSG ini baru bisa meninggalkan sebuah pesan pada komputer saja, sehingga orang lain dapat membaca pesan yang telah ditinggalkan. Tidak menyerah begitu saja, eksperimen pun terus dilanjutkan.

Sebuah program SNDMSG lama kelamaan bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPANET melalui file protokol yang bernama CYPNET. 

Sejak itulah, email telah terciptakan yang pertama kali dilakukan oleh Ray Tomlinson. beliau menggunakan simbol @ sebagai penghubung email. Sejak saat itu, standar penggunaan email menjadi namapengguna@nama_komputer. Disusul kemudian penemuan software untuk pengaturan email pada tahun 1975 oleh John Vital.

Untuk email yang bisa digunakan secara online format penulisannya seperti berikut ini "nama@namadomain.com" cara membacanya adah "nama et contoh dot com". Bagian sebelum tanda @ adalah bagian alamat lokal, dan setelah tanda @ merupakan alamat domain penyedia layanan surel, seperti Yahoo dan Hotmail dan yang lainnya. 

Pada perkembangannya email mulai mengadopsi fitur-fitur yang lebih rapi. Salah satu sistem email komersial pada saat itu adalah Eudora, yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988. Namun pada saat itu, pengguna email harus membayar layanan tersebut per menit.

Sampai saat ini, email menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang yang menggunakan internet. Beragam kegiatan yang dilakukan melalui smartphone maupun komputer wajib untuk mencantumkan sebuah email. Beruntung banget kita hidup di jaman sekarang yang tinggal menikmatinya ya guys! Namun ingat, jangan pergunakan email untuk hal buruk ya guys!