ONLINE - OFFLINE

ONLINE - OFFLINE



Adanya internet dalam kehidupan manusia telah memunculkan hal-hal baru yang tak terduga. Kini seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain secara jarak jauh melalui internet. Perkembangan internet juga mempengaruhi dunia bisnis. 

Mungkin kita sering mendengar istilah online dan offline, namun tak mengetahui arti dari keduanya itu. Kedua istilah itu banyak digunakan di internet dan berbagai hal lainya. Salah satunya saat menyebutkan jenis bisnis, saat ini bisnis juga dibagi menjadi dua yakni bisnis online dan offline.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian istilah online dan offline, simak penjelasan dibawah ini dengan baik.

Pengertian Online
Istilah online bisa diartikan sebagai kondisi ketika terhubung dengan dunia internet atau sedang dalam jaringan dimana jika ada notifikasi atau info terbaru kita akan langsung tau jika kita sedang berada dalam jaringan(online). 

Disaat mengakses media sosial, toko online, ataupun email, itu berarti dalam keadaan online. Untuk bisa online diperlukan media seperti smartphone,laptop atau PC dan koneksi internet. Online juga bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun selama kedua elemen tersebut bisa digunakan dengan baik.

Menurut pendapat ahli yang bernama, Ashadi Siregar, online ialah penyebutan secara umum kepada media berbasis telekomunikasi dan multimedia. Misalnya seperti website, sosial media, toko online, radio online dan sebagainya.

Sedangkan menurut Lorie Ackerman, online adalah bentuk penyampaian ide yang dilakukan oleh penerbit online. Mereka biasanya melakukan berbagai hal seperti penulisan, pengeditan hingga pengiriman menggunakan komputer.

Pengertian Offline
Sedangkan untuk Offline memiliki makna sebaliknya dimana kondisi  sedang tidak terhubung dengan internet. Saat offline, seseorang sama sekali tidak bisa terkoneksi dengan internet. Akibatnya komunikasi yang menggunakan internet sebagai jalurnya tidak bisa digunakan.

Ada beberapa sebab mengapa bisa offline, seperti kuota internet habis, berada di luar jangkauan internet dan rusaknya perangkat pengakses.

Saat berada di kondisi offline, sama halnya dengan berada di jaman dulu. Komunkasi harus secara langsung, untuk bisa membeli barang harus ke toko langsung. Terus menerus dalam keadaan offline juga akan membuat kita ketinggalan jaman. Semua informasi di internet yang tidak bisa diketahui saat offline, semua kemudahan-kemudahan yang bisa dilakukan dengan internet tidak bisa kita nikmati. Maka tidak heran banyak orang yang kesal saat offline.

Sejarah Online Dan Offline
Istilah online dan offline muncul saat adanya internet. Saat belum ada internet, kedua hal tersebut masih belum ada. Dalam bahasa Indonesia, online juga bisa diartikan dengan dalam jaringan atau daring.

Sebaliknya jika offline dapat diartikan diluar jaringan. Perkembangan internet telah mengubah berbagai hal seperti halnya kedua istilah tersebut.

Itulah uraian dari istilah online dan offline. Kedua istilah itu banyak digunakan oleh mereka yang aktif di dunia internet. Online dan offline merupakan hal yang penting untuk mendefinisikan sebuah kondisi yang berhubungan dengan internet. Namun tidak terbatas hanya itu saja, online dan offline juga bisa digunakan dalam hal lain.