INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)

INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)



Untuk bisa menggunakan media sosial, chattingan di Whatsapp, hingga belanja online, dibutuhkan akses internet. Untuk bisa mengakses intenet, dibutuhkan ISP (Internet Service Provider) yang biasanya dikelola oleh suatu perushaan.

Setiap pengguna yang ingin mengakses internet nantinya harus membayar sejumlah uang kepada ISP untuk bisa mendapatkan layanan internet. Jaringan ISP sangatlah luas bukan hanya dalam negri saja melainkan hingga mancanegara. Oleh karena itu, penggunanya bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna di berbagai negara. 

Di Indonesia sendiri ada banyak ISP yang menyediakan layanan internet yang baik. Untuk berlangganan, pengguna harus membayar dengan menggunakan pulsa atau membeli kartu perdana khusus internet.

Pengertian ISP (Internet Service Provider)
ISP (Internet Service Provider) dapat diartikan sebagai penyedia layanan internet. Untuk menyalurkan akses internet kepada penggunanya, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya menggunakan teknologi wireless, kabel fiber optic hingga satelit. Maka tidak heran jika jangkauan internet dari sebuah ISP sangatlah luas. Jadi bukan hanya menjangkau kota besar saja, tempat-tempat terpencil juga bisa menggunakan layanan internet, biasanya menggunakan satelit sebagai media transmisinya. Beberapa media transmisi yang digunakan ISP untuk menyalurkan jaringannya

>Kabel Fiber Optic
Media transmisi yang satu ini dianggap paling baik dibanding yang lainnya. Kualitas dari jaringan internet yang disalurkan tetap terjaga dan stabil. Dengan menggunakan fiber optic, layanan tidak akan terganggu oleh kondisi cuaca.

>Wireless
Berbeda dengan fiber optic, dengan teknologi wireless, akses internet bisa disalurkan tanpa menggunakan kabel. Terdapat perangkat tersendiri yang berguna untuk memancarkan layanan internet. Media transmisi ini memiliki kekurangan pada saat cuaca buruk, akses internet akan sangat terganggu.

>Satelit
Satelit menjadi solusi terbaik untuk bisa mengakses internet melalui daerah pedalaman. Saat ini masih jarang yang menggunakan media transmisi ini kecuali perusahaan besar. Hal itu disebabkan biaya yang harus dikeluarkan tergolong sangat besar, sehingga tidak direkomendasikan untuk penggunaan pribadi.

Internet Service Provider (ISP) mempunyai beberapa jenis layanan diantaranya
->Dial-Up Connection
Dial-Up Connection merupakan koneksi melalui modem atau kabel yang digunakan untuk mendapatkan akses internet, dimana pengguna tidak dikenakan biaya terus menerus untuk mengaksesnya melainkan dengan waktu penggunaan mereka saat terhubung dengan jaringan. 

->Dedicated Connection
Dedicated Connection merupakan ISP yang bersifat menetap dimana pengguna akan terhubung dengan jaringan selama 24 jam penuh. ISP ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki jumlah karyawan banyak dengan komputer yang banyak.

->Mobile Acces Internet
Layanan ISP ini merupakan layanan yang di peruntukan buat para pengguna mobile / smartphone, sehingga pengguna dapat mengakses internet melalui perdana yang ISP sediakan. Untuk Jenis layanan ini ada yang menggunakan GSM dan CDMA, 

Fungsi ISP (Internet Service Provider)
ISP (Internet Service Provider) pada dasarnya berfungsi sebagai penyedia jasa internet yang berbentuk perusahaan. Pihak itulah yang akan memberikan akses internet kepada khalayak umum ketika sudah berlangganan. Secara umum fungsi ISP adalah sebagai berikut ini.

  • Sebagai perusahaan penyedia layanan jasa koneksi internet
  • Penghubung pengguna internet ke gateaway internet terdekat
  • Sebagai perusahaan penyedia perangkat modem untuk dial-up koneksi internet
  • Jasa homepage
  • Sarana yang membantu pengguna untuk melakukan download dan upload data dari internet
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Banyak ISP di Indonesia yang memiliki layanan internet yang baik, mereka sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang bergelut di dunia internet seperti blogger, pengelola toko online hingga pengusaha layanan hosting. Tanpa adanya ISP, masyarakat tidak bisa menggunakan internet. 

Saat ini kebutuhan akan internet sangat besar, hampir semua orang setiap harinya pasti menggunakan internet. Biasanya untuk berbisnis, komunikasi atau untuk mencari hiburan. Perusahaan ISP banyak menyediakan paket internet yang menarik kepada masyarakat. Berikut beberapa jasa  ISP yang ada diindonesia.
  1. Indihome /Telkom Speedy
  2. MNC Play
  3. IM2
  4. Centrin
  5. Biznet
  6. dan beberapa Provider Seluler (TELKOMSEL, XL, INDOSAT, 3, SMARTFREN)
Sejarah ISP (Internet Service Provider)
Awal mula ISP (Internet Service Provider) muncul pada tahun 1995an. Pada saat itu internet masih dalam tahap pengembangan. Jika membandingkan kualias internet dulu dan sekarang memiliki perbedaan yang sangat jauh. Dulu ISP hanya menyediakan bandwidth 14.4 kbps sampai 28.8 kbps. Sekarang bandwidth yang disediakan sudah sangat besar, bahkan ada mencapai 1 gbps. 

Di Indonesia sendiri ISP memiliki asosiasi sendiri bernama APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet). Saat ini ada banyak ISP yang sudah beroperasi dengan kualitas yang berbeda-beda. ISP pertama yang beroperasi di Indonesia adalah Ipteknet pada tahun 1994, kemudian muncul lagi PT IndoInternet.