SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM)

SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM)


Untuk menjalankan sebuah komputer, diperlukan yang namanya sistem operasi, perangkat lunak ini berguna untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan perangkat komputer. Komputer akan sangat susah dipahami jika tidak dipermudah dengan bantuan sistem operasi ini.

Ada beberapa sistem operasi yang populer, seperti Windows, Linux atau MacOS, dan juga beberapa sistem operasi mobile seperti Android, IOS, Symbian dan yang lainnya. Sistem operasi dibagi menjadi dua, dari yang berbayar hingga gratis.

Definisi / Pengertian Sistem Informasi
Mendengar istilah sistem operasi sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian yang sudah belajar lebih tentang komputer, namun masih banyak yang belum paham mengenai sistem operasi ini, maka dari itu kita simak sedikit pembahasannya berikut ini.

Dalam bahasa Inggris sistem operasi disebut juga OS (Operating System) yang merupakan suatu perangkat lunak atau software yang mengatur kontrol dan manajemen perangkat keras dan program-program yang ada di dalam komputer. Bila tidak ada sistem operasi di dalam komputer, pengguna tidak dapat menjalankan program-program yang ada di dalamnya. Untuk itu, diperlukan sebuah sistem operasi agar sistem kinerja komputer berjalan dengan baik.

Fungsi Sistem Operasi
Setelah mengetahui definisi/pengertian dari sistem operasi, kita akan kaji menngenai fungsi-fungsi yang ada di dalamnya. Apa saja itu? Yuk kita simak fungsi sistem operasi berikut ini.

1. Menjalankan Operasi Dasar
Fungsi yang pertama adalah menjalankan sistem operasi dasar yang ada pada komputer. Fungsi inilah yang mendasari sistem kerja dari perangkat lunak agar berjalan dan dapat ditampilkan kepada pengguna komputer tersebut. 

Sistem operasi memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjalankan program-program yang ada di dalamnya.

2. Mengatur Kinerja Software Maupun Hardware
Sistem operasi juga berfungsi untuk mengatur kinerja perangkat lunak maupun perangkat keras yang ada pada komputer. 

Sistem operasi juga dapat mengontrol beberapa hardware seperti CPU, memory, hardisk dan perangkat keras lainnya yang terhubung dengan software komputer. Sistem ini disebut juga sebagai resource manager.

3. Mengoptimalkan Perangkat Komputer
Sistem operasi juga berfungsi untuk mengoptimalkan sistem perangkat keras maupun perangkat lunak yang ada di dalam komputer. Seperti halnya dalam proses pemanggilan data yang tersimpan dalam hardisk dan mengatur waktu agar terhubung dengan terminal.

4. Sebagai Tempat Program dan Aplikasi
Adanya program-program dan aplikasi yang ada pada komputer Anda merupakan fungsi dari sistem operasi. Sistem operasi bisa dibilang sebagai lahan atau tanah, sementara aplikasi sebagai rumahnya. Bila tidak ada lahan atau tanah, tentu rumah tersebut tidak akan bisa berdiri.

5. Mengkoordinasi Sistem Kinerja Komputer
Fungsi yang selanjutnya yaitu dapat mengkoordinasi sistem kerja komputer agar tersusun secara komplek menjadi lebih sederhana. Bila tidak ada sistem koordinasi yang ada di dalamnya, program-program tidak dapat berjalan secara efisien dan tidak beraturan.

6. Sebagai Interface atau Tampilan
Sistem operasi dapat menyusun dan menampilkan program-program ke sebuah layar monitor. Tampilan yang dikeluarkan dapat berupa teks, gambar, maupun lainnya agar dapat dimengerti oleh user (pengguna).

Sejarah Sistem Operasi
Hampir sama seperti komputer, sejarah sistem operasi juga diturunkan dari generasi ke generasi. Sistem operasi mulai muncul sebagai generasi pertama pada tahun 1945-1955 yang merupakan perkembangan awal sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, dimana belum ada istilah sistem operasi dan masih diberi instruksi secara langsung.

Memasuki tahun 1955-1965, mulaliah muncul Batch Processing System yang muncul pada generasi kedua. Setelah itu, perkembangan semakin cepat di era gfenerasi ketiga pada tahun 1965-1980. Pada generasi ketiga ini mulai banyak pemakai yang berinteraksi lewat terminal secara online ke komputer. 

Dengan begitu, sistem operasi akan digunakan banyak pengguna maupun program sekaligus. Pada tahun 1980 an, pengguna sudah mulai mengalami kenyamanan dengan menggunakan Grapichal User Interface (bertatap muka). Sehingga, kinerja yang ada di dalam komputer menjadi lebih baik.

Sistem operasi semakin berkembang pesat menginjak tahun 2000 an sampai sekarang. Fungsi sistem operasi semakin membaik dan diminati oleh banyak pengguna. Komputer dapat menerima intruksi yang diberikan oleh pengguna secara cepat dan tepat.

Manusia sekarang sudah dipermudah dengan adanya sistem operasi yang mumpuni. Berkat kinerja sistem operasi yang sangat baik, hal-hal yang diperlukan manusia sekarang jauh lebiih mudah dengan adanya sistem operasi. Beruntung banget kalian yang lahir di era sekarang.

Demikian pembahasan mengenai Sistem Operasi pada komputer, semoga dapat menambah wawasannya.