GOOGLE DRIVE

GOOGLE DRIVE



Pernahkah anda mendengar nama Google Drive ? Sebuah penyimpanan online milik Google ini memiliki pengguna yang sangat banyak. Layanan ini diberikan secara gratis kepada penggunanya, namun kapasitasnya dibatasi.

Pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan membayar sejumlah uang. Jika anda menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android, aplikasi Google Drive pasti tersedia.

Pengertian Google Drive 
Google Drive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud gratis yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses file secara online. Dengan layanan ini dokumen, foto, dan lainnya yang telah tersimpan di perangkat pengguna, bisa diakses kapanpun dan dimanapun. 

Gampangnya, Google Drive merupakan penyimpanan online yang dirancang seperti hardisk, namun tidak kita pegang fisiknya dan bisa di akses kapan saja selama kita terhubung dengan internet. Dengan layanan ini, data yang tersimpan akan aman, beda halnya jika data disimpan dalam hardisk, kemungkinan hilangnya akan sangat besar, apalagi jika perangkat penyimpanannya rusak. 

Google akan memberi Anda penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB hanya dengan mendaftar akun gmail kita sudah memiliki hard disk online dengan space 15GB. Namun, perlu diketahui, penyimpanan itu dibagi antara Google Drive, Foto Google dan Gmail. Sehingga pengguna harus memanfaatkan kapasitas secara baik. 

Google Drive terintegrasi dengan layanan lain milik Google atau perusahaan lain seperti Google Documents, Gmail, Android, Chrome, YouTube, Google Analytics, dan Google+.

Fungsi Google Drive 

Ada berbagai fungsi yang disediakan oleh Google Drive yang bisa kita manfaatkan diantaranya : 

1. Menyimpan Berbagai File 
Google memberikan penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Masing-masing pengguna bebas menyimpan file apapun seperti foto, video maupun file lain. Dengan penyimpanan online ini, pengguna menjadi lebih mudah ketika membutuhkan file tersebut sewaktu-waktu. Selain itu juga menghemat penyimpanan yang sudah dimiliki. 

2. Berbagi file antar pengguna 
Dengan Google Drive, pengguna bisa berbagai file miliknya dengan pengguna lain. Ini sangat membantu jika memiliki rekan kerja yang berada di lokasi yang jauh. Supaya pengguna lain bisa mengakses file, perlu diundang terlebih dahulu oleh pemilik filenya. Ketika mendapat undangan, pengguna lain akan mendapatkan sebuah email pemberitahuan. Setelah itu, file-file yang ada di penyimpanan bisa diakses kapanpun. 

3. Berbagi File Kerja 
Google Drive menyediakan space juga buat layanan lain seperti Google Documents atau Google Sheet. Dengan ini, pengguna bisa mengerjakan pekerjaan mereka di lembar kerja itu. Nantinya pengguna lain bisa melihat secara langsung hasil kerjaannya bahkan mengeditnya. Ini biasanya dilakukan oleh seorang pekerja dengan rekan kerja nya atau atasannya.

Fungsi-fungsi di atas adalah sebagian kecil dari banyak fungsi yang disediakan oleh Google Drive. Manfaat yang diperoleh penggunanya sangat banyak, apalagi layanan ini diberikan secara gratis. 

Sejarah Google Drive 
Google Drive menjadi salah satu layanan terbaik yang dimiliki Google. Layanan ini pertama kali diluncurkan ke publik pada 24 April 2012. Kini setelah kurang lebih 7 tahun lamanya, Google Drive masih menjadi layanan penyimpanan online terbaik di dunia.

Layanan ini tersedia untuk pengguna Windows, MacOS hingga Android. Namun pada dasarnya, layanan ini bisa diakses melalui website resminya oleh pengguna yang memiliki akun email Gmail. Cara penggunaannya yang mudah membuat layanan ini banyak diminati dan digunakan banyak orang. 

Teknologi yang memungkinkan Google Drive bisa terkoneksi dengan layanan lain menjadi salah satu keunggulan Google Drive. Banyak perusahaan lain yang memanfaatkan layanan ini untuk ditambahkan ke layanan mereka, seperti halnya Whatsapp. Di aplikasi pesan online ini, pengguna bisa menyimpan atau sinkron kan foto, file maupun video yang didapat dari Whatsapp untuk disimpan di Google Drive. Selain itu ada banyak aplikasi pihak ketiga yang menggunakan layanan sinkron ke Google Drive. 

Demikian Uraian mengenai Google Drive. Layanan yang disediakan memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. Perusahaan Google benar-benar memberikan segala hal guna memudahkan aktivitas dari pengguannya, salah satunya Google Drive.