WINDOWS

WINDOWS


Windows merupakan salah satu sistem operasi paling populer yang pernah diciptakan sampai saat ini. Banyak pengguna komputer lebih memilih menggunakan Windows ketimbang sistem operasi lain seperti Mac, Linux atau lainnya. Salah satu alasannya karena sistem operasi ini sangat mudah untuk digunakan. 

Meski pengguna harus membeli lisensi dahulu sebelum menggunakan Windows, tak akan rugi mengingat fitur yang disediakan sangat lengkap. Windows juga memiliki interface yang memudahkan pengguna menggunakan fitur-fitur yang disediakan. 

Sistem operasi Windows cocok dipakai oleh pengguna dari kalangan pelajar, pekerja maupun siapapun. Hal itu dikarenakan untuk mengopreasikannya sangatlah mudah, banyak tutorial yang ada di internet sehingga tidak akan membingungkan penggunanya. Untuk lebih jelasnya mengenai Windows, simak penjelasan lengkap di bawah ini. 

Pengertian Windows 
Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan adanya Windows, sebuah komputer bisa digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi. Sistem operasi ini menggunakan interface grafis sehingga memudahkan penggunanya untuk menampilkan konten aplikasi sehingga pengguna dapat melihat dan berinteraksi. Sistem operasi Windows dirancang dengan mengutamakan efisiensi dan inovasi untuk meringankan pekerjaan penggunanya. 

Sistem operasi menjadi perangkat lunak memiliki peran sebagai penghubung antara perangkat keras dan aplikasi. Misalnya ketika pengguna mengetik beberapa kata, kata tersebut nantinya akan tampil sesuai dengan apa yang di ketikkan. Dari beberapa sistem operasi yang ada, Windows menjadi yang paling banyak digunakan. 

Fungsi Windows 
Windows menjadi salah satu sistem operasi terbaik di dunia. Berbagai macam fungsi bisa dilakukan oleh sistem operasi ini. Berikut adalah fungsi-fungsi lengkap mengenai Windows. 

>Sebagai Penghubung 
Windows memiliki fungsi vital sebagai penghubung antara perangkat keras dan aplikasi. Kedua elemen itu harus benar-benar terhubung agar bisa berfungsi dengan baik. Dengan begitu, permintaan yang dilakukan oleh pengguna dapat dikerjakan oleh komputer. 

>Sebagai Pengendali 
Fungsi lain dari Windows yakni untuk mengendalikan sumber daya yang sedang berjalan. Sehingga dalam proses kerjanya, komputer bisa bekerja dengan baik. Contoh kasusnya seperti saat hendak mematikan komputer, pengguna hanya perlu mengklik tombol off yang terdapat pada layar, dengan begitu, komputer otomatis akan mati dengan sendirinya. 

>Sebagai Pengelola 
Pengelola dalam hal ini berarti Windows menjadi sistem yang mengelola segala proses yang dilakukan komputer. Selain itu juga berfungsi untuk memantau program yang sedang berjalan. Windows juga mengelola data yang masuk maupun keluar. Sehingga data tersebut nanti bisa ditampilkan atau dikelola oleh komputer tersebut. 

Berbagai fungsi yang bisa dilakukan oleh Windows menunjukan bahwa sistem operasi ini sangat berkualitas. Meski sistem operasi ini berbayar dan harganya tidak murah, banyak orang merasa tak rugi. Pasalnya sistem operasi ini sangat membantu saat untuk mengerjakan berbagai macam hal seperti, mengetik, menonton video dan sebagainya. 

Sejarah Windows 
Perlu diketahui, sistem operasi Windows merupakan pengembangan dari MS-DOS. Sistem operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dengan versi pertama bernama Windows Graphic Environment 1.0. Versi tersebut dirilis pada 10 November 1983, akan tetapi baru dipasarkan kepada publik pada November 1985.

Versi tersebut diketahui masih bergantung pada sistem operasi DOS, sehingga tidak berjalan jika tidak ada sistem operasi DOS ITU sendiri. Dedikasi tinggi yang ditunjukan oleh perusahaan Microsoft dalam mengembangkan sistem operasi ini berbuah manis. Kini Windows bukan hanya sebagai sistem operasi terbaik, namun juga yang paling banyak digunakan disekolah, kantor hingga rumah sakit, kebanyakan menggunakan sistem operasi Windows. Salah satu alasannya karena kemudahan pengopreasiannya. 

Pada awal-awal Windows dikembangkan, sistem operasi ini memiliki saingan bernama sistem operasi Macintosh milik Apple. Saat itu, sistem operasi yang menggunakan GUI sebagai interfacenya memang sangat diminati. Maka tidak heran jika Microsoft sangat serius mengembangkan Windows. Hingga kini, telah banyak versi yang dibuat oleh Microsoft. Salah satu yang terbaru dan terpopuler ialah Windows versi 10. 

Demikian mengenani pengertian, fungsi dan sejarah Windows. Informasi ini diharapkan bisa membuat anda menjadi lebih tau tentang Windows. Jadi tidak hanya bisa menggunakan, tapi juga memiliki pengetahuan tentang apa yang digunakan.