ANDROID

ANDROID


Berbicara tentang android pastinya kita akan melirik hanphone kita. Ya Saat ini banyak orang yang menggunaakan smartphone yang memakai sistem operasi Android. Meski tak semewah sistem operasi Ios, Android banyak digunakan karena memiliki banyak fitur yang bagus. Android dikembangkan oleh Google dan diterapkan di berbagai merk smartphone. Merk smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Oppo dan berbagai merk smartphone lain juga menggunakan sistem operasi ini. 

Dukungan yang diberikan oleh Google kepada pengguna Android juga sangat lengkap. Dalam sistem operasi Android, disediakan layanan seperti Google Playstore, Google Playbook dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini. 

Pengertian Android 
Android adalah nama sistem operasi yang digunakan pada banyak smartphone dan tablet. Sistem operasi ini dimiliki dan dikelola oleh Google. Sistem operasi pada dasarnya perangkat lunak yang digunakan untuk berinteraksi dengan penggunanya.

Berbeda dengan aplikasi yang biasa diunduh seperti Whatsapp atau Facebook, sistem operasi Android sudah terpasang otomatis dan menjadi dasar dari smartphone. Tanpa Android, aplikasi-aplikasi seperti pemutaran musik, Youtube sama sekali tidak bisa digunakan. 

Pada dasarnya Android adalah proyek open-source yang bisa dikembangkan siapapun yang sebenanya dasarnya itu adalah linux yang open-source. Google menjadi yang paling aktif mengembangkan platform Android. Baiknya, Google memberikan secara gratis sistem operasi ini untuk digunakan.Google hanya membebankan biaya pada produsen jika mereka juga menginstal bagian aplikasi Google dari OS. 

Seiring kemajuan teknologi, berpengaruh terhadap perangkat keras yang ada pada smartphone. Saat ini perangkat keras seperti RAM, processor, hingga kamera sudah mengalami banyak kemajuan. Tetapi semua perangkat keras ini tidak berguna sebelum memiliki perangkat lunak sistem operasi yang mampu menghidupkan fungsi dari perangkat keras tersebut. 
Android menjadi salah satu sistem operasi yang bisa diterapkan pada smartphone. Intinya Android berperan untuk menjadi dasar dari sebuah smartphone. Sistem operasi ini menjadi bagian terpenting dan menjadi dasar dari aplikasi lainnya. Sistem operasi Android yang membuat aplikasi lain bisa ditampilkan dan digunakan oleh pengguna smartphone. 

Selain itu, android berperan dalam mengatur kerja dari perangkat keras dan aplikasi. Artinya, sistem operasi inilah yang mengontrol fungsi dari perangkat keras seperti RAM, kamera, processor dan perangkat keras lainnya. Nantinya perangkat keras akan terhubung dengan aplikasi sehingga keduanya bisa berjalan bersama. 

Selain untuk mengatur kerja dari aplikasi, sistem operasi android juga berfunsi untuk menampilkan aplikasi ketika dibuka. Alhasil pengguna bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan mudah 

Sejarah Android 
Sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux. Pada mulanya, sistem operasi ini dikembangkan oleh Android Inc, saat itu Google menjadi pihak yang mendukung dari segi finansial. Hingga akhirnya pada tahun 2015 Google resmi membeli Android. Perkembangan sistem operasi Android dinilai cukup cepat.

Android pertama kali dirilis dalam versi beta pada November 2007 oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA). Hingga akhirnya menjadi versi Android 1.0 pada September 2008. Banyak perusahaan smartphone menggunakan Android sebagai sistem oprasi yang digunakan pada smartphone mereka, maka tidak heran banyak pengguna yang lebih menyukai menggunakan smartphone Andoroid. 

Perkembangan smartphone sangat cepat, ditandai dengan berbagai versi yang telah dirilis, seperti Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0–2.1), Froyo (2.2–2.2.3), Gingerbread (2.3–2.3.7), Honeycomb (3.0–3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4), Jelly Bean (4.1–4.3), KitKat (4.4+), Lollipop (5.0+), Marshmallow (6.0+), Nougat (7.0+) dan Android Oreo (8.0+),dan yang terbaru adalah Android Pie (9.0+).

Saat ini sudah ada miliaran perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Semakin tinggi dari versi android, maka teknologi yang digunakan semakin canggih. Dengan hal itu pengguna akhirnya bisa menggunakan smartphone nya dengan baik. 

Demikian sedikit penjelasan tentang Android semoga dapat menambah sedikit wawasan kita.