MENGENAL ISTILAH PENGGUNAAN MOUSE

MENGENAL ISTILAH PENGGUNAAN MOUSE



Hallo Sobat semua pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan share beberapa istilah penggunaan mouse pada komputer yang bakal sering kita gunakan. Mouse merupakan komponen penting komputer untuk memudahkan kita melakukan perintah pada komputer, mouse juga diartikan sebagai hardware pengendali komputer kita.


Mouse mempunyai tiga perangkat utama diantaranya tombol klik, tombol klik kanan dan di tengah-tengan ada roda untuk scrool sekaligus tombol tengah kalau kita tekan. Ketiga tombol tersebut mempunyai beberapa istilah dalam penggunaanya diantaranya :

1. Pointer

Pointer merupakan indikator posisi mouse kita yang digunakan untuk mengarahkan perintah kemana perintah kita ditujukan. Standarnya pointer berupa panah lancip dan kadang berubah sesuai posisinya seperti pada link pointer berubah menjadi tangan menunjuk, pada pengeditan teks pointer berubah menjadi kursor. Pointer bisa kita arahkan kemana saja pada layar kita untuk melakukan intruksi yang di perintahkan.

2. Klik (click)

Klik (click) merupakan perintah dengan menekan tombol mouse sebelah kiri (Left Button) satu kali. Ini biasa digunakan untuk memilih atau menyeleksi file, menekan tombol perintah di beberapa aplikasi atau web dan mengunjungi link.

3. Double Klik

Double klik adalah perintah dengan menekan tombol mouse sebelah kiri  (Left Button) dua kali secara cepat tanpa ditahan. Ini biasa digunakan untuk membuka file yang sudah jadi, misal kita mau membuka file foto, dokumen dan file lainnya.

4. Klik Kanan 

Klik kanan merupakan perintah dengan menekan tombol mouse sebelah kanan (Right Button) satu kali. perintah ini biasa digiunakan untuk menampilkan menu aksi pilihan yang bisa kita gunakan, misal pada suatu file kita klik kanan maka akan muncul pilihan menu seperti copy, delete dan yang lainnya.

5. Scroll

Scroll merupakan perintah dengan memutar kedepan atau kebelakang roda scroll pada mouse tanpa menekannya, efeknya layar akan bergeser keatas atau kebawah sesuai yang di perintahkan. Perintah ini dignakan untuk menggulung suatu halaman yang melebihi satu layar, memilih pilihan yang sebenarnya banyak kebawah melebihi kolom yang tersedia. 

Sebenarnya menggulung halaman atau layar bisa kita lakukan dengan mengunakan metode drag scroll button, cara nya dengan menekan dan menahan (drag) tombol scroll yang tersedia pada layar lalu menggeser keatas atau kebawah tombol tersebut, baru kita lepaskan (drop). Selain itu kita juga bisa gunakan Center Button.

6. Drag and Drop

Drag and Drop merupakan perintah klik + tahan = lepaskan dengan cara  menekan tombol mouse sebelah kiri tahan jangan dilepaskan arahkan atau geser sampai tujuan tertentu lalau lepaskan. Misalkan kita mau memindahkan file, memasukan file kedalam dokumen, scroll, memblok atau sleksi tulisan, sleksi file lebih dari satu.

7. Center Button

Center Button (tombol tengah)  merupakan perintah dengan menekan roda scroll, karena sebenarnya pada roda scroll juga ada tombolnya yang bisa kita tekan. tombol ini biasa digunakan untuk scroll dengan metode berbeda. 

Ketika kita tekan satu kali maka akan muncul indikator tombol tengah menyala dan ketika kita geser pointer ke atas atau kebawah maka layar akan bergeser sesuai perintah dan bisa kita atur tempo nya dimana makin jauh pointer dari indikator maka akan semakin cepat penggulungannya.

Selain itu perintah ini juga bisa kita gunakan untuk menggulung layar kesamping kiri atau kekanan untuk halaman yang luasnya melebihi layar ke samping.

Oke demikian pembahasan mengenai Istilah dalam penggunaan Mouse. Sebenarnya banayak perintah yang bisa kita lakukan dengan menggunakan keyboard, tapi tidak sedikit juga perintah yang hanya bisa dilakukan menggunakan mouse. Dengan adanya mouse pekerjaan kita lebih efektif dan efesien.