FUNGSI CC DAN BCC PADA EMAIL

FUNGSI CC DAN BCC PADA EMAIL

Buat kalian yang pekerjaannya berkirim email atau sedang memerlukan cara untuk mengirim email ke lebih dari satu orang dengan aturan tertentu, fitur ini pada email sangat lah membantu. 

Fitur Cc dan Bcc biasa nya digunakan oleh para staf pekerja yang operasional pekerjaannya bergelut dengan email, misalkan staf keuangan berkirim email pada customer dan ada beberapa staf perusahaan yang harus tau atau istilah nya tembusan surat, maka fitur ini bisa digunakan.

Untuk arti Cc dan Bcc itu sendiri merupakan sebuah singkatan dalam dunia mailing, Cc merupakan kependekan dari "Carbon Copy" sedangkan Bcc kependekan dari "Blind Carbon copy". Pada dasarnya Cc dan Bcc merupakan salinan emial tambahan atau disebutnya tembusan untuk alamat email tertentu yang telah ditentukan.

Perbedaan Fungsi CC dan BCC
Fungsi Cc dan Bcc mirip sekali tapi beja juga... Perbedaan utama Cc dan Bcc yaitu untun penerima yang ada di kolom Cc dapat dilihat oleh semua penerima email, sedangkan penerima yang ada di kolom Bcc tidak bisa dilihat oleh penerima lainnya, baik yang dikolom utama, yang di kolom Cc bahkan yang sesama dikolom Bcc tidak dapat melihatnya, kecualai pengirimnya. Gimana paham ya ? :)

Oke kita ilustrasikan biar kita sama-sama paham ya. Dibawah ini terlampir gambar bahwa ada seorang Admin Sekolah mengirimkan email kepada Siswa dan Siswi Sekolah tersebut dengan tembusan email pada beberapa guru dan staf.
Kolom utama ditujukan pada seluruh siswa dan siswi sekolah tersebut, kolom Cc diisi email guru-guru terkait sedangkan Bcc diisi dengan email Kepala Sekolah dan Kesiswaan, lebih jelasnya kita simak penjelasan berikut.
  • Siswa1, Siswa2 dan seluruh Siswa lainnya yang ada pada kolom utama dapat melihat siapa saja yang dapat kiriman email tersebut termasuk siapa saja yang dapat tembusan, disini semua siswa dapat melihat bahwa email tersebut juga ditembuskan (CC) pada Guru-guru.
  • Guru1, Guru2 dan Guru-guru lainnya yang ada pada kolom CC dapat melihat kepada semua Siswa email tersebut di tujukan dan mereka dapat tembusannya atau sebagai CC. Selain itu mereka Guru-guru sesama yang ada pada kolom CC dapat melihat juga email tersebut ditembuskan/CC pada semua Guru-guru.
  • Kepala Sekolah dan Kesiswaan dapat melihat bahwa email tersebut di tujukan untuk semua Siswa nya dan ditembuskan/CC pada semua Guru-guru. Tapi, Kepala Sekolah tidak bisa melihat bahwa email tersebut ditembuskan juga pada Kesiswaaan, begitu juga Kesiswaan tidak bisa melihat bahwa email tersebut ditembuskan pada Kepala Sekolah.
  • Siswa-siswa dan Guru-guru tidak dapat melihat bahwa Kepala Sekolah dan Kesiswaan juga dapat email tersebut.
Oke demikian semoga kalian paham dengan sedikit pembahasan dan ilustrasinya, mohon maaf bila banyak salahnya, semoga dapat membantu memudahkan pekerjaan atau tugasnya. Terimakasih.