CARA MENGIRIM EMAIL MENGGUNAKAN EMAIL GMAIL

CARA MENGIRIM EMAIL MENGGUNAKAN EMAIL GMAIL


Hallo sobat semua setelah sebelumnya kita tau mengenai Cara Masuk pada halaman Email, kali ini kita akan belajar menggunakan email yang salah satu fungsinya adalah mengirim email. Berkirim email banyak sekali digunakan oleh kita pengguna media sosial, mulai dari siswa, mahasiswa, guru, dosen dan aparatur pemerintahan. hampir semua kalangan menggunakan email untuk memudahkan pengiriman dokumen atau file-file lainnya.

Banyak perusahaan saat ini menggunakan email untuk menjalankan bisnisnya, mulai dari penerimaan pegawai sampai operasional perusahaan atau institusi lainnya menggunakan email. Jadi kita sebagai calon pekerja atau bahkan yang sudah bekerja pastinya harus bisa mengelola email. Pada kesempatan kali ini kita akan praktek mengirim email, karena selain untuk mengirim pesan atau surat, email juga untuk mengirim file.

1.) Langkah pertama kita buka terlebih dahulu halaman manajmen email sesuai jenis email yang kita gunakan jika belum tau lihat Cara Masuk Kedalam Halaman Gmail, kali ini kita menggunakan email Gmail untuk berkirim email.

Seperti biasa saya buat gambar dengan tanda-tanda didalamnya, untuk memudahkan kita praktek, jangan bosan ya melihat gambar-gambar seperti ini.

2.) Selanjutnta pada halaman gmail klik tombol atau icon "Tulis" atau "Compose" jika pakai bahasa inggris, tampak pada gambar yang saya kotaki kuning diatas. Maka setelah itu akan muncul tampilan baru di samping kanan bawah seperti pada gambar dibawah ini, 

3.) Selanjutnya nah disini lah kita akan menyiapkan surat atau istilahnya isi email yang kan kita kirim. Lasung saja kita perhatikan satu per satu bagian yang di tunjuki nomor diatas dan kita praktekan.

  • Nomor 1,2 dan 3 merupakan perintah standar untuk memperkecil, memperbesar, dan menutup halaman.
  • Saya ke Nomor 5 terlebih dahulu, kolom ini merupakan kolom untuk memasukan email tujuan kita, jadi kita isikan alamat email yang kita tuju contoh "emailtujuan@gmail.com", dari sini kita bisa langsung ke nomor 6, tapi kita perlu tau untuk apa yang ditunjuki nomor 4.
  • Nomor 4 ada dua pilihan yaitu Cc dan Bcc pilihan ini digunakan untuk menambah alamat email tujuan dengan fungsi tertentu, karena tidak terlalu banyak digunakan untuk pengiriman email standar jadi lebih jelas nya akan saya jelaskan di postingan berikutnya
  • Nomor 6 Nah disini kalian tulis Subjek atau judul email kita apa, atau kalau kalian kirim email tugas biasanya sudah di tentukan Subjek nya apa tinggal kalian masukan disini.
  • Nomor 7 Kolom yang saya kotaki kuning ini merupakan kolom untuk isi email, disini kita bisa menuliskan isi email kita jika berupa tulisan, dan disini juga tempat berderet lampiran yang kita lampirkan.
  • Nomor 8 icon yang ti tunjuki nomor ini merupakan perintah untuk menampilkan menu untuk setting tulisan kita pada kolom nomor sebelumnya (7) disini akan muncul untuk setting font paragraf dan yang lainnya.
  • Nomor 9 Icon ini berfungsi untuk melamfirkan semua jenis file dari komputer kita, mulai dari dokumen foto dan yang lainnya disini kita masukannya.
  • Nomor 10 Icon ini digunakan untuk menyisipkan link tertentu pada sebuah tulisan kata atau kalimat, tanpa terlihat rincian URL nya.
  • Nomor 11 Icon yang ditunjuki nomor ini merupakan perintah untuk menyisipkan emoji atau smile yang sudah disediakan gmail.
  • Nomor 12 Icon ini digunakan untuk menyisipkan atau melampirkan semua jenis file yang sudah ada atau sudah di upload ke dalam Google Drive kita, sebenarnya cara ini lebih mudah untuk melampirkan file.
  • Nomor 13 Icon ini digunakan untuk melampirkan foto yang sudah kita upload kedalam Google Foto, semua foto yang sudah terupload akan langsung tampil untuk bisa kita lampirkan.
  • Nomor 14 Icon ini digunakan untuk mengaktifkan mode rahasia, kita harus atur password untuk menggunakannya, jarang digunakan karena terlalu ribet dan tidak terlalu penting untuk mengirim file yang biasa, kecuali yang rahasia.
  • Nomor 15 Icon perintah ini digunakan untuk memunculkan menu tambahan lainnya, seperti menambahkan label, mencetak dan memeriksa ejaan.
  • Nomor 16 Icon perintah ini digunakan untuk menghapus semua yang kita buat seperti sudah memasukan lampiran dan yang lainnya akan hilang, perlu kita ketahui bahwa semua aktifitas pada halaman pengiriman email ini secara otomatis tersimpan pada Draft email, jadi jika kita close pakai Nomor 3, halaman ini akan ter tutup tapi isi yang kita buat akan tersimpan di Draft.
  • Nomor 17 perintah ini digunakan untuk mengaktifkan penjadwalan email.
  • Nomor 18 Tombol ini merupakan tombol untuk mengirim email, tombol ini yang harus kita tekan setelah kita selesai menyiapkan email yang mau kita kirim dan selesai.
Setelah kita mengetahui fungsi-fungsi dari halaman tersebut, maka tinggal kita praktekan berikut saya lampirkan contoh persiapan email yang sudah siap dengan beberapa lampira, tinggal kita kirim dengan cara tekan tombol kirim yang berwarna biru dibawah.

Setelah kita tekan tombol kirim maka halaman akan otomatis hilang tanpa perlu kita close, disertai tampilan loading pengiriman ditengah atas dan notifikasi dibawah bahwa email sudah terkirim, untuk mengetahui email kita sudah terkirim atau belum bisa kita cek di polder Terkirim, kita bisa buka kembali dan download kembali lampiran yang kita kirim.

Kurang lebih seperti itu cara mengirim email menggunakan email dari Gmail, selebihnya bisa kalian coba praktekan sendiri.