APA ITU INTERNET ?

APA ITU INTERNET ?

Saat ini, internet sudah menjadi hal yang wajib bagi kebanyakan orang. Hampir semua jenis aktivitas atau pun transaksi harus menggunakan internet. Jutaan orang tiap harinya mengakses internet dari komputer atau perangkat mobile mereka.

Ketika seseorang membuka Facebook, Google, WhatsApp, Youtube dan yang lainnya , berarti mereka sedang mengakses internet. Internet bisa diakses kapanpun dan dimanapun selagi masih ada koneksi dan perangkatnya yang terhubung ke jaringan.

Pengertian Internet
Istilah internet sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian Mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua sekarang sudah bisa menggunakan internet. Namun tidak sedikit pula yang tidak tau lebih, selain tau nama internetnya saja. Bagi kalian yang masih awam internet itu apa. Kebetulan banget disini kami akan membahas apa itu internet.

Internet merupakan suatu jaringan yang saling terhubung antara satu jaringan satu dengan jaringan lainnya dengan menggunakan protokol yang sudah ditentukan. Selain itu, ada beragam jenis pengertian internet yag dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut :

 Menurut Sarwono
Sarwono berpendapat bahwa internet merupakan kumpulan jaringan yang memiliki skala global yang di dalamnya tidak ada seorang pun yang dapat bertanggung jawab.

Menurut Sibero
Pengertian internet menurut Sibero yaitu sekumpulan jaringan yang terhubung secara global yang merupakan jaringan yang sangat luas.

Menurut Berners Lee
Sementara pengertian internet menurut Berners Lee yaitusuatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Di dalam sebuah jaringan terdapat jaringan lainnya yang mungkin lebih kecil namun saling terhubung.

Onno Purbo
Menurut Purbo (dalam Prihatna, 2005) Internet pada dasarnya adalah suatu media yang dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang disambungkan lewat berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, E-mail.

Oetomo
Menurut Oetomo (2002) internet adalah singkatan atau singkatan dari international network, yang didefinisikan juga sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil saling terhubung satu sama lain.

Supriyanto
Menurut Supriyanto (2006) Internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang punya sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda, dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang memakai protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Harjono
Menurut Harjono (2009) internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan bisa mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer bisa saling terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.
  
Fungsi Internet
Setelah mengetahui apa itu internet, selanjutnya kalian juga harus tahu apa saja fungsi dari internet itu sendiri. Apa saja itu? Simak fungsinya sebagai berikut!

Sebagai Media Informasi
Fungsi internet yang pertama adalah sebagai media informasi. Internet menyediakan segala informasi yang ada di seluruh dunia. Apapun yang kita cari sekarang sudah bisa ditemukan di internet. Kita bisa melakukannya melalui mesin pencari dengan menuliskan apa yang sedang kita butuhkan, maka akan muncul informasi yang kita cari tersebut.

Sebagai Alat Komunikasi
Dengan adanya internet, komunikasi kini semakin mudah. Itulah salah satu keunggulan dari internet yang dapat menghubungkan satu orang dengan yang lainnya melalui media yang banyak tersedia. Seperti halnya didukung dengan adanya sosial media seperti facebook, twitter, instagram E-mail, dan lain sebagainya, melalui media tersebut kita dapat berkomunikasi dengan orang banyak di seluruh dunia.

Sebagai Sarana Pendidikan
Internet juga berfungsi sebagai sarana pendukung kegiatan pendidikan. Kita bisa mencari sumber informasi mengenai materi yang ada di sekolah melalui internet. Dengan begitu, internat bisa dijadikan sebagai media pembelajaran yang kedua setelah buku. 

Selain itu di era modern ini pembelajaran sudah mengadopsi sistem e-learning dimana kita belajar atau mengerjakan tugas secara online melalui internet, begitu pula sistem akademik dunia pendidikan sekarang sudah banyak menggunakan sistem online, mulai dari keuangan dan manajement pendidikan itu sendiri.

Sebagai Sarana Ekonomi
Fungsi yang selanjutnya adalah internet bisa menjadikan kita untuk mencari sumber penghasilan. Sudah banyak orang di jaman sekarang yang memanfaatkan media internet sebagai bisnis yang mereka jalankan. Istilah ini bisa disebut sebagai bisnis online.

Banyak peluang yang bisa kita dapatkan untuk mendapatkan penghasilan melalui internet. Seperti contoh, kita bisa menjadi seorang penulis melalui sebuah website. Dengan begitu, pihak tertentu nantinya akan membayar sesuai kinerja yang telah kalian lakukan.

Sebagai Sarana Perbankan
Dunia perbankan saat ini hampir semua aktifitas nya melalui online, kita bisa transfer dan menerima saldo secara online, bisa disebut juga uang kita di buat uang digital dimana kita bisa melihat angkanya tanpa memegang fisiknya, yang pastinya sangat memudahkan kita untuk bertransaksi baik di dalam negeri ataupun ke/dari luar negeri.

Sebagai Sarana Hiburan 
Banyak sekali hiburan yang bisa kita dapatkan melalui internet. Dengan adanya internet, kegiatan sehari-hari kita menajdi tidak jenuh. Kita bisa nonton, mendengarkan lagu, radio dan yang lainnya. Kita juga bisa memanfaatkan internet untuk menyalurkan ide kreatif yang kita miliki dengan membuat konten kreatif untuk menghibur para pengguna internet itu sendiri. Dan tentu masih banyak fungsi-fungsi lainnya yang belum bisa kita tuliskan.

Sejarah Internet
Pada tahun 1969, internet hanyalah sebuah jaringan yang dibuat oleh ARPA dengan proyek ARPNET (Research Project Agency Network) yang merupakan bagian dari departemen pertahanan Amerika Serikat. Semakin berkembangnya zaman, mulailah muncul sebuah perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Dari tahun ke tahun, internet mengalami perkembangan yang cukup pesat. Internet terus dikembangkan hingga sekarang ini. Sehingga manusia semakin dipermudah dalam melakukan suatu hal dengan dibantunya internet.

Namun di Indonesia, internet baru muncul dan dikenal sejak tahun 1990 an. Pada saat itu penggunanya masih sangat minim, sehingga perkembangan yang ada di dalamnya masih sangat sulit. Seiring berjalannya waktu internet diindonesia mengalami kemajuan, internet semakin banyak dipergunakan dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Penggunaan internet mulai dilakukan oleh para mahasiswa, ilmuwan dan orang yang hobi berhubungan dengan internet. Setelah sekian lama menjalaninya, internet terus berkembang sampai saat ini di Indonesia. Meski begitu, Indonesia masih kalah saing dengan negara asing untuk bersaing di bidang internet.

Tidak lepas dari itu kita sebagai warga Indonesia patut bangga dengan perkembangan internet di Indonesia yang sangat pesat dan makin banyak penggunanya. Mari kita gunakan internet dengan bijak dan bermanfaat.