WEB BROWSER

WEB BROWSER



Kebutuhan akan internet terus mengalami peningkatan dari masa ke masa. Menurut data yang dikutip dari website keminfo, pada 2018 pengguna internet di selutuh dunia mencapai 3,6 miliar orang. Indonesia sendiri berada di urutan ke 6 jika dibandingkan dari jumlah penggunanya. Internet merupakan sarana untuk mencari informasi, melakukan bisnis dan untuk berkomunikasi.

Untuk mengakses internet dan mendapatkan informasi, pengguna harus menggunakan yang namanya web browser. Tanpa web browser, pengguna tidak bisa mengakses website yang menyediakan informasi-informasi yang dicari. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkap mengenai web browser.

Pengertian Web Browser
Setiap pengguna internet pasti membutuhkan perangkat lunak bernama web browser. Dalam bahasa Indonesia, web berarti website yang menyediakan informasi di internet, sedangkan browser dapat diartikan sebagai penjelajah. Web browser merupakan software atau perangkat lunak yang memiliki kegunaan untuk menerima dan menyajikan berbagai infrmasi di internet. Informasi berupa teks, gambar maupun video bisa ditampilkan melalui web browser.

Web browser bukan hanya tersedia untuk perangkat laptop maupun PC saja. Banyak web browser versi mobile yang bisa digunakan di smartphone. Saat ini ada banyak web browser yang digunakan oleh pengguna internet, diantaranya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan ada banyak lagi.

Setiap web browser memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Maka tidak heran seorang pengguna internet tidak hanya memiliki satu buah web browser di laptop atau smartphonenya.

Fungsi Web Browser
Web browser merupakan salah satu perangkat lunak yang wajib dimiliki oleh pengguna internet. Kegunaan dari perangkat lunak ini sangat dibutuhkan ketika mengakses internet. Berikut adalah fungsi-fungsi dari web browser.

Mengakses Halaman Web
Mengacu pada pengertiannya, web browser memiliki fungsi utamanya untuk mengakses sebuah halaman website di internet. Web browser mampu menampilkan informasi seperti teks, gambar hingga video. Dengan hal itu, pengguna akan lebih mudah dalam menjelajahi dunia internet.

Mengidentifikasi Keamanan Website
Tidak semua website di internet aman untuk diakses. Web browser akan mengidentifikasi keamanan pada sebuah website dengan melakukan proses verifikasi. Perangkat lunak ini akan memastikan apakah website yang diakses aman atau tidak. Peringatan akan muncul pada halaman web browser ketika website yang diakses ternyata tidak aman. Website yang tidak aman biasanya disebabkan karena terkena virus, tak jarang pemilik website sendiri yang memasang virus malware yang bisa merusak perangkat pengguna.

Menyediakan Fitur Permintaan Data
Umumnya, browser memiliki fitur permintaan data, sehingga pengguna bisa menyimpan sebuah konten dari website ke komputer. Pengguna bisa menyimpan atau mendownload sebuah konten seperti gambar, halaman, maupun video.

Mengambil dan Menampilkan Data
Informasi yang diambil dari website nantinya akan ditampilkan secara maksimal melalui web broser. Sehingga pengguna akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dicari. Melalui web browser ini kita bisa upload atau download file. 
 
Mendukung Search Engine
Untuk mencari sebuah informasi tidak hanya membutuhkan web browser saja. Di internet ada search engine atau mesin pencari yang digunakan untuk mencari informasi. Tugas web browser hanya menampilkan dan memudahkan akses saja.

Secara umum fungsi web browser tidak lain seperti itu, namun masih banyak lagi fungsi web browser lainnya yang bisa kalian research dan praktekan.

Sejarah Web Browser
Web browser dikembangkan pada tahun 80an oleh Timothy Berners Lee. Setelah sekian lama dikembangkan, pada tahun 1991 web browser akhirnya diluncurkan. Web browser bukan hanyadigunakan oleh pengguna untuk mencari informasi, namun juga menjadi alat paling penting bagi seorang programmer atau editor. Saat itu web browser yang pertama kali ada di dunia bernama Nexus, dengan fitur-fiturnya yang sangat sederhana.

Demikian uraian tentang Web Browser semoga dapat menambah sedikit ilmu kita untuk kita amalkan dan praktekan.