WEBSITE

WEBSITE




Apakah anda pernah menjelajah atau mengunjungi internet lalu memasuki sebuah halaman berita atau blog...? Kalo iya disebut apakah halaman tersebut...?. Pastinya anda juga penasaran kan, kenapa bisa berita itu memiliki sebuah tempat untuk dipublikasikan.

Ya... Website namanya, ada yang bilang website atau lazim disingkat web adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Sebagian orang lain mengartikan web merupakan salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusiannya.

Pengertian Website
Web merupakan sesuatu dokumen berbentuk kumpulan halaman website yang saling tersambung dan isinya terdiri dari berbagai data berupa teks, suara, foto, video, serta yang lain, dimana seluruh informasi tersebut ditaruh pada server hosting.

Untuk membuka sebuah web maka pengguna wajib mempunyai piranti( pc, smartphone) yang terkoneksi dengan internet ataupun intranet. Halaman web ataupun website biasanya berupa dokumen dalam format Hyper Text Markup Language( HTML), yang bisa diakses lewat HTTP ataupun HTTPS, suatu protokol yang mengantarkan bermacam data dari server web untuk ditampilkan kepada para user ataupun pemakai lewat website browser.

Suatu web mempunyai alamat URL yang unik serta spesifik yang disebut dengan domain. Misalnya, domain Youtube.com, Google.com, Facebook.com, serta yang lainnya. Web bisa diakses dengan memakai browser serta koneksi internet. Tetapi, terdapat sebagian web yang dapat diakses memakai jaringan lokal( LAN).

Fungsi Website
Manfaat web yang sangat utama ialah penyebaran informasi yang lebih cepat kepada publik luas. Internet dan web berperan penting dalam proses pertukaran data, baik secara lokal ataupun internasional. Berikut ini ialah beberapa manfaat web secara umum:
  • Membagikan kemudahan dalam aktivitas pemasaran serta promosi bisnis sebab bisa menjangkau banyak orang dalam waktu yang bersamaan,
  • Bagaikan fasilitas bimbingan untuk masyarakat,
  • Fasilitas informasi yang lebih gampang serta cepat untuk didapatkan,
  • Bagaikan rekomendasi hiburan yang murah, 
  • Web sebagai fasilitas berinteraksi untuk manusia di bermacam belahan dunia

Sejarah Website 
Penemu situs website ialah Sir Timothy John "Tim" dari Berners- Lee, sebaliknya untuk situs website yang terhubung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Iktikad dari Tim ketika merancang web website ialah untuk mempermudah tukar menukar serta memperbarui data dan informasi untuk sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN( tempat di mana Tim bekerja) mengumumkan kalau www. bisa digunakan secara free oleh publik.

Sebuah halaman website bisa berbentuk hasil kerja dari perorangan ataupun orang, ataupun menampilkan kepemilikan dari suatu organisasi, dan industri. Umumnya pembahasan yang ada di dalam suatu situs website merujuk kepada suatu bagian topik spesial, atau kepentingan tertentu. Suatu halaman website dapat berisi pranala yang menghubungkan ke situs website lain, demikian pula juga dengan situs website yang lain. 

Situs website umumnya ditempatkan lalu disambungkan pada server website. Suatu server website biasanya sudah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menanggulangi pengaturan website itu sendiri, dan menanggulangi layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (HTTP Server) semacam Apache HTTP Server, ataupun Internet Information Services (IIS).

Oke kurang lebih seperti itu pembahasan tentang website mohon maaf untuk segala kekurangannya.