GOOGLE CHROME

GOOGLE CHROME



Untuk mengakses sebuah laman di internet, dibutuhkan sebuah perangkat lunak yang biasa disebut dengan web browser. Ada banyak web browser yang dipakai oleh pengguna internet, salah satunya Google Chrome. Web browser yang dikembangkan oleh Google ini bisa dibilang yang terbaik. Interface yang ditampilkan juga memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi ini. 

Saat membuka Youtube untuk menonton video atau menggunakan Facebook untuk mencari teman, web browser ini sangat membantu. Berbagai fitur juga disediakan seperti riwayat, bookmark hingga beberapa fitur yang berkaitan dengan keamanan sudah tersemat di dalamnya. Perihal keamanan, Google Chrome juga menawarkan keamanan yang baik. Web browser ini akan memberikan peringatan jika laman yang diakses tidak aman. 

Pengertian Google Chrome 
Google Chrome merupakan sebuah web browser atau peramban web yang dibuat oleh perusahaan Google. Web browser ini dikembangkan menggunakan mesin rendering Webkit. Google Chrome tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, MacOS dan juga Android tentunya.

Fitur yang disediakan oleh Google Chrome sangat banyak sehingga pengguna nyaman melakukan aktivitas online di web browser ini. Meski memiliki banyak fitur, web browser ini sangat ringan ketika digunakan. Pada dasarnya, Google Chrome menggunakan proyek open source Chromium. Hingga kini, aplikasi Google Chrome tersedia di perangkat mobile dan desktop. 

Seperti web browser pada umumnya, Google Chrome memiliki fungsi utamanya sebagai aplikasi peramban. Aplikasi ini sangat membantu ketika mencari informasi melalui internet, berikut adalah fungsi lengkap dari Google Chrome. 

Semua orang yang ingin mencari informasi di internet pasti menggunakan web browser seperti Google Chrome. Informasi yang telah ditemukan nantinya akan ditampilkan di halaman Google Chrome. Aplikasi besutan Google ini memiliki banyak kelebihan dibanding kompetitornya seperti Mozilla Firefox atapun Opera. 

Seorang programmer juga membutuhkan aplikasi seperti Google Chrome. Mereka akan mengetes program web buatan mereka di aplikasi ini. Google Chrome akan mengonversikan kode-kode program tersebut yang sudah dikemas dalam suatu bentuk extension file menjadi sebuah halaman web. Beberapa jenis kode yang bisa dikonversikan oleh Google Chrome antara lain PHP, HTML, CSS dan sebagainya. 

Selain itu berbagai tools extensions sangat dibutuhkan oleh pengguna yang aktif di Internet. Google Chrome memiliki fungsi untuk menjalankan extensions tersebut. Ada banyak extensions yang bisa dijalankan seperti imacros, vpn atau extensions custom yang dibuat khusus. Google Chrome menjadi pilihan yang tepat untuk orang yang menggunakan extensions karena web browser ini ringan saat digunakan. 

Sejarah Google Chrome 
Pada 2 September 2018 menjadi awal mula Google Chrome dikembangkan. Saat itu versinya masih beta sehingga masih banyak kekurangan, salah satunya hanya bisa digunakan untuk Windows saja. Hingga akhirnya, Google resmi meluncurkan Google Chrome ke publik pada 11 Desember 2008. 

Ditahun 2019, Google mulai mengembangkan untuk versi OSX, hingga mencapai versi preview pada 4 juni 2009. Secara resmi pada 25 Mei 2010, Google Chrome telah dirilis untuk semua jenis platform desktop. Saat itu banyak orang yang langsung tertarik dengan browser yang satu ini. 

Perkembangan Google Chrome semakin meningkat, banyak fitur baru yang disediakan. Selain fokus mengembangkan Google Chrome untuk versi desktop, Google juga membuatnya untuk versi Android dan dirilis pada 7 Februari 2012. Untuk versi iOSnya, Google Chrome tersedia pada tanggal 26 Juni 2012.

Oke demikian uraian mengenai Google Chrome ini semoga bisa memanfaatkan dari banyaknya fitur yang Google Chrome sediakan.